Pemko Medan Dukung Rekrutmen 38 Ribu Calon Anggota KPPS


156 view
Pemko Medan Dukung Rekrutmen 38 Ribu Calon Anggota KPPS
Foto SIB Dok Humas Pemko Medan
Terima Kunjungan : Pjs Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho  menerima  kunjungan  Komisioner KPU Medan, di Balai Kota Medan, Rabu (7/10/2020).
Medan (SIB)
Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT mendukung penuh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan rekrutmen 38.000 calon Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), sebagai bagian tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan. Hal itu disampaikan Pjs Wali Kota saat menerima kunjungan Komisioner KPU Kota Medan di Balai Kota Medan, Rabu (7/10).

Selain bersilaturahmi dan meminta dukungan terkait rekrutmen calon anggota KPPS, kedatangan pihak KPU juga untuk melaporkan tahapan-tahapan Pilkada Kota Medan 2020 yang telah dilakukan. Menyambut kedatangan tiga komisioner yang dipimpin Ketua KPU Medan Agusyah Ramadani Damanik, Pjs Wali Kota didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kota Medan Sulaiman Harahap, Kadis Kesehatan Edwin Effendi serta Kabag Tata Pemerintahan Setdako Medan Ridho Nasution.

Dikatakan Pjs Wali Kota Medan, Pemko Medan akan mendukung penuh sehingga Pilkada Wali Kota Medan 2020 berjalan dengan sukses dan lancar, apalagi karena pelaksanaan pilkada kali ini berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Karena itu, Arief berpesan agar jangan sampai terjadi kluster baru setelah digelarnya Pilkada. Sebab, katanya, Pemko Medan terus berupaya keras agar Medan keluar dari zona merah.

“Yang rawan saya lihat ketika masyarakat datang ke TPS dan menumpuk untuk menunggu giliran mencoblos. Saya minta KPU dapat mengatasinya dengan baik,” katanya.

Ditambahkan, Pemko Medan juga akan mendukung penuh pelaksanaan sosialisasi yang akan dilakukan KPU Kota Medan. Dengan sosialisasi yang dilakukan, harapnya, masyarakat tidak ragu mendatangi TPS untuk menentukan pilihannya.

“Tingkat partisipasi masyarakat memilih pada Pilkada sebelumnya sangat rendah, hanya sekira 25 persen. Saya berharap agar tingkat parstisipasi masyarakat di Pilkada Wali Kota Medan 2020 harus lebih tinggi lagi, meski di tengah pandemi Covid-19. Artinya, masyarakat harus diyakinkan bahwa Pilkada benar-benar aman dan sehat,” pesannya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi menjelaskan, pihaknya telah menugaskan 41 Puskesmas yang tersebar pada 21 kecamatan di Kota Medan untuk membantu seluruh calon anggota PPKS menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Kita sudah sampaikan kepada seluruh Puskesmas agar mereka dapat memulai pelayanan kesehatan. Kita tergetkan dalam sepekan, pemeriksaan kesehatan akan selesai,” jelasnya.

Sebelumnya dalam pertemuan itu Agusyah menjelaskan, saat ini tahapan Pilkada Wali Kota Medan telah memasuki masa kampanye. Dijabarkan, tahapan kampanye telah dimulai sejak 26 September hingga 5 Desember mendatang.

“Tahapan-tahapan Pilkada Wali Kota Medan 2020 yang telah kami kerjakan perlu dilaporkan karena dana yang digunakan bersumber dari APBD Kota Medan. Selain tahapan masa kampanye, kami juga tengah dalam proses rekrutmen 38.000 anggota PPKS. Rekrutmen calon anggota KPPS digelar tanggal 7-10 Oktober mendatang," paparnya. (Rel/M15/f)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com