Selain Jaga Harga dan Kualitas

Pemko Medan Warning Distributor Tidak Timbun Bahan Pangan


74 view
Foto : Dok/Diskominfo Medan
PIMPIN RAPAT : Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman SE memimpin rapat pembahasan ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok di Kota Medan, Rabu (7/4).
Medan (SIB)
Pemko Medan memperingatkan (warning) distributor agar menjaga harga dan kualitas serta tidak menimbun bahan pangan pokok, khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H bulan Mei 2021 mendatang. Peringatan itu disampaikan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM melalui Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman SE saat memimpin rapat pembahasan ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok di Kota Medan, Rabu (7/4).
Turut hadir dalam rapat yang digelar di Kantor Wali Kota Medan itu, Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan Ir Emilia Lubis, Kadis Perdagangan Kota Medan Dammikrot SSos MSi, Kepala KPPU Kantor Wilayah I Medan Ramli Simanjuntak, pimpinan Perum Bulog cabang Medan Rudy Adlyn, unsur Forkopimda Kota Medan, perwakilan dari Bank Indonesia dan para distributor di bidang bahan pangan pokok.
Selain mengingatkan para distributor agar menyiapkan kualitas bahan pangan pokok terbaik kepada masyarakat, Aulia juga meminta semua pihak melakukan pengawasan terhadap barang yang masuk ke Kota Medan, khususnya yang melalui pelabuhan. Diharapkan, hal itu menjadi prioritas khususnya di bulan suci Ramadhan, agar tidak terjadi hambatan terhadap bongkar muat kargo yang masuk ke pelabuhan, sehingga tidak menyebabkan biaya logistik bahan pangan pokok bertambah.

"Untuk itu kami mengajak seluruh peserta rapat agar dapat saling berkolaborasi dan memastikan ketersediaan bahan pokok di kota Medan terjamin sampai waktu yang di tentukan. Kolaborasi itu termasuk melibatkan DPRD dalam segi pengawasan, agar komunikasi yang baik tetap terjalin sehingga distribusi dan ketersediaan bahan pokok di Kota Medan terjamin," pintanya.

Mengenai harga, Aulia mengingatkan para distributor agar tidak mengambil keuntungan yang terlalu tinggi, atau mengurangi kuantitas dan kualitas bahan pokok, apalagi sampai melakukan tindakan penimbunan barang.

"Harga barang-barang yang melambung tinggi menjadi kendala setiap menjelang Ramadan. Karena itu saya minta kepada distributor agar tidak menimbun barang atau mengeluarkan barang sesuka hati. Berikan hak bagi masyarakat, apalagi ini masih dalam situasi pandemi Covid-19," imbaunya.

Sementara Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan Ir Emilia Lubis menjelaskan, ketersediaan bahan pokok di Kota Medan hingga saat ini masih mencukupi dengan harga relatif stabil. Diakui, untuk mengantisipasi lonjakan harga khususnya di bulan suci Ramadan, pihaknya akan melakukan operasi pasar.

Diketahui, dalam rapat itu masing-masing distributor diberikan kesempatan untuk menjelaskan ketersediaan barang. Para distributor daging ayam, daging sapi, minyak goreng, bawang, gula, dan cabe di Kota Medan juga menyatakan stok yang ada masih mencukupi hingga satu bulan ke depan. (Rel/A16/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com