Andar Harahap Mengundurkan Diri

Pemprov Sumut Ajukan 3 Calon Pj Bupati Paluta ke Kemendagri


322 view
Pemprov Sumut Ajukan 3 Calon Pj Bupati Paluta ke Kemendagri
Foto: Ist
Ilustrasi

Medan (SIB)

Pasca ditetapkan sebagai Daftar Calon Legislatif (DCT) untuk DPR RI pada Pemilu 2024. Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap mengundurkan dari dari jabatannya, 4 November 2023.Sesuai dengan keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Wakil Bupati Paluta Hariro Harahap ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Paluta.

"Andar mengundurkan diri sesuai dengan tahapan, pelaksananya adalah Wakil Bupati sebagai Plt Bupati Paluta," ucap Pj Gubernur Sumut Hassanudin kepada wartawan saat berkunjung di Presroom Kantor Gubernur Sumut, Selasa (14/11) siang.

Andar Harahap yang menjabat Ketua DPD Golkar Kabupaten Paluta maju jadi Caleg DPR RI dari Golkar di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara II dengan nomor urut 10. Untuk diketahui, Bupati Paluta Andar Amin Harahap dan Wakil Bupati Paluta Hariro Harahap, masa jabatan 2018-2023 dan berakhir pada 27 November 2023.

Meski mengundurkan diri, berdasarkan informasi berkembang Andar Harahap masih mengklaim dirinya sebagai Bupati Paluta dan menggunakan fasilitas negara. Menyikapi hal itu, Hassanudin mengatakan cuma untuk jalan-jalan menggunakan fasilitas negara.

Mantan Pangdam I Bukit Barisan itu mengatakan, Hariro Harahap secara resmi sudah menjadi Plt Bupati Paluta. "Sudah resmi, wakilnya sudah memegang surat dari kita. Soal fasilitas ini cuman jalan-jalan," tuturnya.

Sedangkan Hassanudin mengungkapkan, Pemprov Sumut sudah mengajukan nama 3 Pj Bupati Paluta ke Kemendagri RI. "Sudah, kitakan punya mekanisme, DPRD mengajukan, kita mengajukan dan Kemendagri nanti yang menentukan yang pantas. Siapapun tentu yang terbaik melanjukan pemerintahan di Pemkab Paluta," jelasnya.

Disinggung tiga nama calon Pj Bupati Paluta yang diajukan Pemprov Sumut ke Kemendagri RI tersebut, Hassanudin enggan membeberkan. "Sudah tiga nama calon Pj Bupati Paluta diajukan ke Kemendagri, putra Sumut terbaik," katanya.

Sementara berdasarkan informasi diperoleh bahwa DPRD Paluta sudah mengusulkan 3 calon nama Pj Paluta, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Paluta, Patuan Rahmad Syukur Hasibuan, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumut M Mahpullah Pratama Daulay dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Tuahta Ramajaya Saragih. (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com