Pemprov Sumut Kirim 34 Pramuka ke Jambore Internasional


216 view
Pemprov Sumut Kirim 34 Pramuka ke Jambore Internasional
(Foto: Dok/Diskominfo Sumut)
LEPAS: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang juga Ketua Mabida Sumut foto bersama dengan Kontingen Sumut untuk mengikuti Jambore Dunia Ke-25 Tahun 2023 di Saemangum, Korea Selatan, serta para peserta Papernas X Tahun 2023 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Jumat (28/7). 
Medan (SIB)
Pemprov Sumut untuk pertama kalinya mengirim kontingen Pramuka ke Jambore Internasional, Saemangeum, Korea Selatan. Sebanyak 34 penggalang dan penegak akan berlatih selama 10 hari di negeri ginseng tersebut.
Pengiriman Kontingen tersebut merupakan langkah Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memajukan Pramuka sehingga kadernya mampu menjadi kader pembangunan. Dia ingin kontingen yang dilepas ke Korea Selatan juga mampu membantu rekan-rekannya agar lebih baik.
“Kalian duta Sumut di sana berlatih, belajar terkait Pramuka, sehingga kalian bisa menjadi kader-kader pembangunan di provinsi kita dan kalian juga harus berbagi kepada teman-teman kalian sehingga kita maju bersama-sama,” kata Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Jumat (28/7).
Edy Rahmayadi memiliki harapan besar kepada Pramuka Sumut untuk ikut serta membangun Sumut, terutama anak-anak muda. Edy juga sempat menceritakan kisahnya saat menjadi anggota Pramuka.
“Dulu syarat saya menjadi anggota Pramuka salah satunya harus mahir bela diri, saya ikut karate saat itu dan itu memang perlu untuk anggota Pramuka. Kalian juga akan belajar sandi morse, membaca peta, kompas, bertahan di hutan dan lainnya. Jangan jadi Pramuka yang lemah,” katanya.
Lepas Atlet Paralimpik
Selain melepas kontingen Pramuka ke Jambore Internasional, pada kesempatan ini, Edy Rahmayadi juga melepas 20 atlet Paralimpik Pelajar Nasional di Sumatera Selatan. Edy Rahmayadi ingin atlet-atlet yang berkompetisi di Sumatera Selatan bisa menggantikan senior-seniornya di PON 2024 ini.
“Kalian calon pengganti senior kalian dan saya ingin, kalian paling tidak bisa seperti senior kalian yang sudah mengharumkan nama Sumatera Utara dan menjadi bintang saat Pekan Paralimpik Nasional nanti,” katanya.
Berdasarkan keterangan Kadis Kepemudaaan dan Keolahragaan Pemprov Sumut Baharuddin Siagian, kontingen Pramuka untuk Jambore Internasional merupakan penggalang dan penegak dari 7 Kwarcab. Mereka akan berlatih kepramukaan, keilmuan, petualangan, budaya dan lainnya.
“Berkat kepedulian Pak Gubernur kita akhirnya bisa mengirim kontingen Pramuka ke Jambore Internasional, mereka akan berangkat tanggal 31 dan memulai Jambore dari tanggal 2-12 Agustus, kita harap adik-adik kita maksimal belajar di sana,” kata Baharuddin Siagian.
Sedangkan atlet Paralimpik yang dikirim ke Sumatera Selatan, dia berharap bisa menorehkan prestasi yang membanggakan. “Kami di sini tentu ingin kalian memberikan kebanggaan untuk Sumut memberikan yang terbaik untuk provinsi yang tercinta ini,” ujarnya.
Hadir pada acara pelepasan kontingen Pramuka ke Korea Selatan dan atlet Paralimpik ke Pekan Paralimpik Pelajar Nasional 2023, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sumut Nurdin Lubis dan Ketua Pengurus Provinsi National Paralympic Committee (NPC). Hadir juga jajaran pengurus Pramuka Sumut dan jajaran pengurus NPC Sumut. (A8/r)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com