Perekonomian Sumut 2023 Diperkirakan Tetap Kuat


258 view
Perekonomian Sumut 2023 Diperkirakan Tetap Kuat
Foto: Ist/harianSIB.com
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), IGP Wira Kusuma kepada wartawan pada Bincang Bareng media (BBM) yang digelar KPw BI Sumut di kantornya Jalan Balai Kota Medan Jumat (8/9) sore.
Medan (SIB)
Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara mencatat, perekonomian Sumut di tahun 2023 diperkirakan tetap kuat bias atas dalam kisaran 3,9-4,7 persen (yoy).
"Potensi risiko lain yang perlu diwaspadai karena dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi Sumut,” ujar Kepala KPwBI Provinsi Sumatera Utara IGP Wira Kusuma kepada wartawan pada Bincang Bareng media (BBM) yang digelar KPw BI Sumut, Jumat sore (8/9).
Wira didampingi Deputi Kepala Perwakilan Suharman Tabrani, Deputi Direktur Poltak Sitanggang dan Indra Kuspriyadi.
Disebutnya,seperti koreksi harga komoditas unggulan Sumut sejalan dengan rebound ekonomi China yang tidak sekuat perkiraan, potensi meningkatnya nilai barang impor, serta potensi gangguan produksi hortikultura dampak fenomena El Nino.
Fenomena El Nino semester II 2023 katanya,menjadi salah satu faktor penahan faktor pertumbuhan ekonomi tahun ini.
Faktor penahan pertumbuhan ekonomi di Sumut untuk 2023 lainnya seperti koreksi harga komoditas unggulan Sumut antara lain rebound ekonomi China yang tidak sekuat perkiraan. Potensi meningkatnya nilai barang impor melalui transmisi depresiasi nilai tukar.
“Potensi gangguan produksi hortikultura seiring dengan prakiraan keberlangsungan fenomena El Nino pada semester II 2023 dan tertahannya ekspor beras dari India,” ujar Wira.
Menurut dia, terdapat faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumut. Pertama, membaiknya aktivitas perekonomian pasca pandemi Covid-19 yang membuat optimisme permintaan domestik tetap kuat.
Kedua, Meningkatnya Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumut sebanyak 7,45 % menjadi Rp2.710.493. Ketiga, berlanjutnya insentif Pemerintah seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT), kartu sembako, Program Keluarga Harapan (PKH), dan sebagainya.
Keempat berlanjutnya proyek PSN dan infrastruktur daerah. Permintaan sawit domestik yang tetap tinggi seiring berlanjutnya program hilirisasi industri B35 dan B40.
Dijelaskan untuk pertumbuhan perekonomian Sumut triwulan II-2023 tumbuh 5,19 % (yoy), meningkat dibandingkan periode sebelumnya.
Pertumbuhan Sumut pada periode laporan ini juga lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan nasional (5,17 % yoy) dan Sumatera (4,90 %, yoy) pada periode yang sama.
Dari sisi pengeluaran, akselerasi pertumbuhan utamanya berasal dari daya beli yang terjaga dan meningkatnya aktivitas mobilitas seiring dengan momen hari besar keagamaan dan libur sekolah.
Hal ini tecermin pada pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang mencapai pertumbuhan 6% (yoy), lebih tinggi dibanding rerata pertumbuhan konsumsi rumah tangga sebelum pandemi sebesar 4,99 %.
Besar dan Eceran masih mencatatkan pertumbuhan yang kuat pada triwulan II-2023,imbuhnya. (A1/r)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com