Peringatan Hari Pahlawan di Deliserdang Diwarnai Pemberian Santunan kepada Veteran


132 view
Foto Dok/Kominfo
SANTUNAN: Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan bersama Wabup HMA Yusuf Siregar menyantuni para veteran usai upacara peringatan Hari Pahlawan di Lubukpakam, Selasa (10/11).
Lubukpakam (SIB)
Pemkab Deliserdang menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke-75 secara sederhana, diwarnai pemberian santunan kepada para veteran di Lapangan Kantor Bupati, Lubukpakam, Selasa (10/11).

Sebagai inspektur upacara Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan, turut dihadiri Wabup MA Yusuf Siregar, Forkopimda, Sekda Darwin Zein dan para kepala OPD serta para pelajar SMA untuk membawakan lagu-lagu pahlawan.

Pada upacara itu, bupati membacakan sambutan Menteri Sosial RI Juliari P Batubara yang di antaranya mengatakan, Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja. Namun lebih dari itu, perjuangan yang telah mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan kedaulatan NKRI perlu terus dikenang sebagaimana tema tahun 2020, yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

Kalau pahlawan dulu berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang tugas semua pihak berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa. Seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia.

Disebutkan tentang nilai-nilai kepahlawanan, seperti percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong perlu terus dirawat dan dipupuk. Semangat kepahlawanan yang terus menyala dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri negeri ini.

"Yakinlah, apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai kepahlawanan, maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa. Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain," kata Bupati dalam sambutan itu.

Usai menggelar upacara, Bupati dan Wabup menyantuni puluhan veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Cabang Deliserdang. Para veteran terlihat senang dengan santunan yang diberikan Bupati tersebut. (T05/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com