Perkara Korupsi Proyek Jalan di Dinas PUPR Sergai Proses Sidang di Medan

* Kejari Sergai Terima Penitipan Kerugian Negara Rp 515,5 Juta

246 view
Perkara Korupsi Proyek Jalan di Dinas PUPR Sergai Proses Sidang di Medan
Foto:Dok/Kasipidsus
Penitipan Uang: Kajari Sergai M Amin (tengah) dan para Kasi saat kegiatan menerima penitipan uang kerugian negara dalam perkara korupsi Peningkatan Jalan pada Dinas PUPR Sergai, di Kejari Sergai, Kamis (29/9/2022).

Medan (harianSIB.com)

Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai (Kejari Sergai) melalui Kepala SeksiPidana Khusus (Kasi Pidsus) M Akbar Sirait SH MH, Kamis (29/9/2022), menerima penitipan uang kerugian negara sebesar Rp 515.547.172,43 dari keluarga terdakwa Kh A (selaku Direktur PT CD), dalam perkara dugaan korupsi terkait Proyek Pekerjaan Peningkatan Ruas Jalan Mata Pao - Pekan Sialang Buah pada Dinas PUPR Kabupaten Sergai,yang kini sedang proses persidangan di Pengadilan Tipikor pada PN Medan.

Kajari Sergai M Amin Nasution SH melalui Kasi Pidsus M Akbar Sirait kepada wartawan via WA, Kamis (29/9/2022) malammenyebutkan, kegiatan penitipan uang kerugian negara dalam perkara korupsi tersebut dilakukan di Aula Kantor Kejari Serdang Bedagai oleh keluarga terdakwa Kh A kepada Kasi Pidsus Kejari Sergai M Akbar Sirait.

Selanjutnya Kasi Pidsus Kejari Sergai dengan bendahara akanmenitipkannya melalui Bank Mandiri Cabang Sergai di rekening RPL Kejari Sergai.

“Proses pelaksanaan penitipan uang kerugian negara dalam perkarakorupsi itu berjalan dengan lancar dan aman. Dan perkara ini sedang dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Medan. Kh A didakwa dengan dakwaan primair Pasal 2 Ayat 1 jo Pasal 18 UU Tipikor dan dakwaan Subsidair Pasal 3 jo pasal 18 UU Tipikor,” kata M Akbar Sirait yang baru sebulan lebih tugas di Kejari Sergai ini.

Ditambahkan, berdasarkan perhitungan dari BPKP Perwakilan Provinsi Sumut, dalam perkara dugaan korupsi ini ditemukan kerugian negara Rp 640.547.272,43.

Sebelumnya, pihak PT DCD telah melakukan penyetoran dengan jumlah Rp.125.000.000 ke Rekening Kas Daerah Sergai.(BR1)

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com