Kamis, 25 Juli 2024

Perkuburan di Mabar Hilir Padat, Ijeck Wakafkan Tanah untuk Masyarakat

Redaksi - Sabtu, 03 Februari 2024 12:48 WIB
257 view
Perkuburan di Mabar Hilir Padat, Ijeck Wakafkan Tanah untuk Masyarakat
Foto Dok/Tim Ijeck
TEKEN: Ketua Yayasan Haji Anif H Musa Rajekshah melakukan penandatanganan penyerahan tanah wakaf untuk masyarakat, Jumat (2/2/2024). 

Ketua Yayasan Haji Anif H Musa Rajekshah mewakafkan tanah perkuburan untuk masyarakat yang berada di Kelurahan Mabar Hilir, Kota Medan dan Desa Sampali. Wakaf ini diberikan pria yang akrab disapa Ijeck tersebut karena perkuburan untuk masyarakat di sana sudah padat.

Hal itu dikatakan Ijeck saat menghadiri acara silaturahmi dan ikrar tanah wakaf tersebut bersama masyarakat yang ada di desa tersebut, Jumat (2/2/2024) malam.

“Saya dengar dari Ustaz Syafii bahwa masyarakat Mabar Hilir kuburannya sudah padat sekali. Kemudian saya bilang tidak lewat bulan 6 sudah kita selesaikan,” ujarnya di hadapan masyarakat yang hadir.

Ikut menyaksikan dalam pemberian tersebut yakni Lurah Mabar Hilir dan Kepala Desa Sampali, Muhammad Ruslan. Ia menjelaskan bahwa tanah wakaf ini sudah direncanakan almarhum orang tuanya yakni Haji Anif jauh sebelum ia meninggal dunia yakni empat atau lima tahun lalu.

“Almarhum menyampaikan kepada kami anak-anaknya untuk segera diberikan kepada masyarakat. Dia juga ingatkan ke saya, Jek, nanti kalau saya meninggal, kuburkan disini (Masjid Al Musannif). Dia bilangkan kuburannya yang sekarang. Dia mau anak-anaknya juga nanti dikuburkan dekat dengan dia. Cucu dan saudara-saudara dikuburkan di tanah wakaf, 1 hektare dikaplingkan. Sisanya untuk masyarakat. Itulah pesan almarhum orang tua kami,” ujarnya.

Pengelolaannya dilakukan yayasan. Bahkan ia juga meminta untuk dibuatkan juga rumah yang menjaga kuburan dan dibuatkan musalanya juga. “Waktu sakit dia juga kembali mengingatkan ini,” ujarnya.

Ketua DPD Golkar Sumut itu mengatakan bahwa awalnya almarhum orang tuanya memperuntukkan tanah tersebut sebagai perumahan bagi karyawan usaha keluarganya. Namun karena Allah SWT, terpanggillah niat orang tuanya untuk mewakafkan kepada masyarakat di Desa Mabar Hilir dan Desa Sampali.

“Kita tahu semakin lama semakin sempit lahan untuk rumah masa depan kita (kuburan), dan Insya Allah tanah wakaf yang telah kami serahkan ini sebelum bulan Juni 2024 sudah bisalah dimanfaatkan oleh masyarakat dan untuk umat,” ucapnya.

Sementara, Kepala Desa Sampali Muhammad Ruslan mengucapkan terima kasih atas wakaf tanah yang diberikan Yayasan Haji Anif tersebut. “Mudah-mudahan ini menjadi amal jariyah karena ini sangat membantu masyarakat,” ujarnya. (*)


Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ijeck Resmikan Masjid Al Musannif ke-46
Polsek Medan Labuhan Bekuk 2 Tersangka Pembobol Toko di Mabar Hilir
Peringati Hari Pers Nasional, Yayasan Haji Anif Bersihkan Musala Jurnalis
Peringati Hari Pers Nasional, Yayasan Haji Anif Bersihkan Musala Jurnalis
Ijeck Resmikan Masjid Al Musannif ke-38 di Pandan Tapteng
Tutup MTQ dan Tahfizh Quran Haul Elyzarwati, Ijeck: Jadikan Labura yang Berkah
komentar
beritaTerbaru