Senin, 22 Juli 2024

Persiapan PON di Sumut, Dinkes Hitung Kebutuhan Aspek yang akan Digunakan

Redaksi - Rabu, 31 Mei 2023 20:39 WIB
247 view
Persiapan PON di Sumut, Dinkes Hitung Kebutuhan Aspek yang akan Digunakan
Foto: Net

Persiapan PON XXI di Provinsi Sumut dari segi kesehatan sudah siap sedia. Dinas Kesehatan Sumut sudah menghitung kebutuhan dari seluruh aspek yang akan digunakan saat PON nanti.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, PON digelar di dua provinsi yakni Aceh dan Sumut, maka akan dihitung berapa kabupaten yang terlibat di Provinsi Sumut.

"Kalau gak salah ada 8 kabupaten. Lalu ada berapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan ini, maka akan dihitung berapa orang yang terlibat. Mulai dari atlet, official, panitia, kemudian petugas lainnya. Dari hitungan itu akan dapat berapa cost dan personel yang harus ada. Berapa ambulans yang akan kita siapkan. Ada ambulans transport, ada juga ambulans untuk VVIP," katanya, Rabu (31/5/2023).

Terus dari sana akan dihitung lagi apa saja peralatan dan apalagi jejaring yang harus dihitung seperti apa. Artinya rujukan rumah sakitnya seperti apa, mana rumah sakit rujukan terdekat dan kemudian rumah sakit utama.

"Dari cabor ini ada yang berisiko rendah, sedang dan tinggi. Kalau yang tinggi misalnya cabor karate, tinju dan lainnya. Ini berisiko tinggi di mana kita kemungkinan memiliki peralatan seperti ambulans. Kita juga membutuhkan helikopter tapi harus ada tempat landasan helikopternya dan memang dibutuhkan," terangnya.

Dari segi tenaga medis, ditambahkan Alwi, akan disiapkan berapa untuk dokter spesialis kedokteran olahraga dan dokter spesialis neurologi.

"Dari item-item ini akan dihitung berapa orang yang kerja dan berapa nanti dananya," pungkas Alwi. (*)


Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
21 Jemaah Haji Sumut Meninggal di Makkah Akibat Heat Stroke
PON XXI di Sumut: Kesehatan Atlet Jadi Prioritas Utama, 60 RS Dipersiapkan
Ukir Prestasi di Turnamen Alpha Chess, Percasi Sumut Optimistis Raih Emas di PON 2024
Atlet PON Sumut Ikut Turnamen Bulu Tangkis BNI Sirnas A di Kendari
Pj Gubernur Sumut Pimpin Rapat PB PON Sumut bersama Kemenpora dan KONI Pusat
PB PON Sumut Pastikan Kesiapan Pelaksanaan PON XXI
komentar
beritaTerbaru