Peserta Minta Musda Lanjutan BPD PHRI Sumut XII Dihentikan


353 view
Internet
Daftaer Nama Penolakan Musda BPD PHRI Sumut
Medan (SIB)
Sejumlah peserta Musyawarah Daerah (Musda) Badan Pimpinan Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restoran Sumut (PHRI Sumut) XII, 15 Desember 2020 lalu meminta pelaksanaan Musda lanjutan BPD PHRI Sumut ke XII yang akan dilaksanakan, Selasa (12/1) di Hotel Garuda Plaza Medan ditolak.

Hal itu disampaikan Dra Murniati Tobing MSi, Yuriandi, Rizky, Lindung Pandiangan, Yonge Sihombing, Charles Manullang, Peraduan Pakpahan dan Afwandy kepada wartawan, Jumat (8/1) di Medan.

Adapun alasan penolakan Musda kata Murniati, pertama, karena Musda lanjutan BPD PHRI Sumut XII tidak sesuai dengan AD/ART PHRI, pasal 25. Mekanisme pelaksanaan Musda lanjutan BPD PHRI Sumut XII tidak sesuai dengan mekanisme pelaksanaan Musda BPD PHRI Sumut XII, 15 Desember 2020 lalu.

Perbedaan tersebut termaktub di dalam isi Surat BPP PHRI No 089/BPP PHRI.XVII/12/2020. Dimana dinamika jelang pelaksanaan lanjutan Musda PHRI Sumut ke XII semakin tidak kondusif. Dan dinamika aspirasi anggota BPD PHRI Sumut, BPC PHRI kabupaten/kota dan peninjau Musda BPD PHRI Sumut XII,15 Desember 2020 lalu.

Berikut kutipan isi Surat BPP PHRI No.089/BPP-PHRI.XVII/12/2020 oleh peserta Musda BPD PHRI Sumut dianggap telah melanggar AD/ART PHRI dan telah melakukan intervensi yang kuat terhadap pelaksanaan Musda lanjutan BPD PHRI Sumut XII, 12 Januari 2021.

Anggota PHRI yang memiliki sertifikat tanda anggota PHRI yang dikeluarkan oleh BPP PHRI masih berlaku sampai Desember 2020. Perpanjangan keanggotaan dan pendaftaran baru keanggotaan PHRI Sumut tidak akan pernah ditutup, baik yang mendaftar melalui BPD PHRI Sumut, pendaftaran melalui registrasi online (www.phrionline.com) maupun yang mendaftar langsung ke BPP PHRI.

Namun khusus untuk yang mengikuti sidang paripurna Musda XII PHRI 2020 BPD Provinsi Sumut, pendaftaran baru dan perpanjangan keanggotaan hanya akan diterima sampai 9 Januari 2021 jam 16.00 WIB. Jadwal pemungutan suara untuk anggota PHRI Kota Medan akan dilakukan, 12 Januari 2021 mulai pukul 09.00 sampai dengan 13.00 WIB bertempat di Garuda Plaza Hotel Medan.

Sedangkan ketentuan tambahan lainnya setiap anggota mendapatkan 1 hak suara yang diberikan oleh nama yang terdaftar di BPD PHRI Provinsi Sumut. Hak suara yang diwakilkan harus disertai surat kuasa dari pemilik hak suara yang ditandatangani di atas materai.

Surat kuasa yang telah digunakan pada pemilihan sebelumnya, tidak berlaku lagi. Bagi pemilik hak suara yang menggunakan surat kuasa agar memperbaharuinya dengan melampirkan fotocopy KTP pemberi kuasa dan penerima kuasa. Penghitungan suara akan dilakukan pada sidang paripurna Musda XII BPD PHRI Provinsi Sumut tahun 2020.

Dari isi surat BPP PHRI itu terlihat jelas bahwa BPP PHRI telah mengubah mekanisme dan tatib Musda lanjutan BPD PHRI Sumut ke XII, dimana pemilih pada Musda nanti akan berubah. Pemilih di Musda BPD PHRI Sumut, 15 Desember 2020, ada yang tidak diperbolehkan memilih pada lanjutan Musda BPD PHRI Sumut.

“Ini tidak logis, dan tidak lazim dalam sebuah pemilihan, karena pemilih yang memilih menjadi tidak memilih, hanya karena BPP PHRI membuat mekanisme baru dalam pemilihan Ketua BPD PHRI Sumut,” kata Yonge Sihombing.

Semestinya, BPP PHRI menjadi pengayom dalam Musda lanjutan BPD PHRI Sumut ke XII nanti, bukan malah seperti “pemain” dalam Musda. BPP PHRI semestinya bisa bersikap adil dan bijaksana dalam membina dan mengayomi BPD PHRI Sumut. “Karena itu, Kami telah menyampaikan permohonan penghentian dan penolakan terhadap rencana pelaksanaan Musda lanjutan BPD PHRI di Hotel Garuda Plaza Medan,” tegasnya. (rel/M12/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com