Pj Gubernur, Kapolda, Pangdam I/BB, Kajati dan Anggota DPRD SU Lepas Jenazah Baskami Ginting


376 view
Pj Gubernur, Kapolda, Pangdam I/BB, Kajati dan Anggota DPRD SU Lepas Jenazah Baskami Ginting
Foto: Dok/SIB/Firdaus Peranginangin
LEPAS: Pj Gubernur Sumut Hassanudin, didampingi unsur Forkopimda Sumut dan para pejabat dan anggota legislatif menggelar upacara pelepasan jenazah Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting kepada keluarganya, Sabtu (10/2/2024), di DPRD Sumut, untuk dikebumikan di Desa Batukarang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo. 

Medan (harianSIB.com)

Pejabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Kejati Sumut Idianto, Danlantamal I Belawan Kolonel Marinir Jasiman Purba, Danlanud Soewondo Medan Kolonel Pnb Ucok Enrico Hutadjulu, pimpinan dan anggota DPRD Sumut melepas jenazah Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Sabtu (10/2/2024), dari Gedung DPRD Sumut kepada keluarga untuk dikebumikan di Desa Batukarang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo.

Juga terlihat ikut melepas dan memberikan penghormatan terakhir kepada politisi PDI Perjuangan Sumut ini, di antaranya anggota DPR RI Sihar Sitorus, tokoh masyarakat Parlindungan Purba, Duta Besar Indonesia untuk Maroko Drs H Hasrul Azwar, Bupati Karo Cory Br Sebayang, sejumlah pejabat Pemprov Sumut dan para politisi di daerah ini.

Upacara pelepasan jenazah yang digelar secara kenegaraan sebagai penghormatan terakhir, dipimpin Wakil Ketua DPRD Sumut H Irham Buana Nasution, didampingi Wakil Ketua Dewan Rahmansyah Sibarani dan Misno Adi Syahputra, disaksikan istri Baskami Ginting Ny Riahta Br Bukit dan putrinya dr Ribka Br Ginting dan suami beserta keluarga lainnya.

Pj Gubernur Sumut mewakili pemerintah dan masyarakat Sumut menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Baskami Ginting, yang selama hidupnya telah menunjukkan dedikasi dan pengabdian yang tinggi sebagai Ketua DPRD Sumut yang aktif bersama pemerintah melahirkan banyak kebijakan dalam membangun Sumut yang sejahtera dan berkeadilan.

"Akhir-akhir ini beliau sudah dalam kondisi terganggu kesehatannya, tapi semangat bekerja sangat tinggi, sehingga dalam kondisi sakit, tidak menghalanginya selalu hadir di setiap momen penting menjalankan peran lembaga legislatif sebagai mitra pemerintah," ujarnya.

Bahkan di bulan Februari ini, kata Hassanudin, kapasitasnya sebagai Ketua DPRD Sumut sudah merencanakan rapat antara Pemprov dan DPRD Sumut, tapi manusia boleh berencana namun Tuhan juga memiliki kedaulatan.

"Pak Baskami Ginting telah pergi dipanggil Tuhan dengan sangat baik dan mulia saat beliau masih aktif dan sedang menjalankan tugas sebagai Ketua DPRD Sumut. Itu menunjukkan, dia sangat mencintai tugas-tugasnya, setia pada pekerjaan dan memiliki dedikasi tinggi," ungkap Hassanudin.

Ditambahkannya, Baskami Ginting merupakan salah satu putra terbaik Sumut dan semasa hidupnya dikenal pribadi yang luwes, nasionalis, bersahabat, suka membantu dan bertanggungjawab, sehingga patut diteladani.

"Selamat jalan Pak Baskami. Kami akan meneruskan cita-cita bapak untuk membangun Sumut yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan," ujarnya sembari mengungkapkan, "Tangis kami pecah di batu, duka kami remuk di dada, untukmu saudaraku, kami semua turut berduka".

Sementara itu, Irham Buana Nasution mengatakan, Baskami merupakan tokoh terbaik yang dimiliki Sumut serta seorang pejuang yang konsisten serta memiliki pribadi yang baik.

"Pengabdiannya di tengah-tengah masyarakat tetap memiliki eksistensi guna memperjuangkan pembangunan dan kesejahteraan Sumut," ujarnya sembari menyampaikan duka yang mendalam atas berpulangnya Baskami ke penciptaNya, semoga dia diterima di sisi Tuhan.

Ditambahkannya, dalam karier politiknya, Baskami cukup cemerlang dan sudah berjuang untuk masyarakat sejak 20 tahun lalu.

"Saya cukup lama mengenal beliau, baik secara pribadi dan belakangan ini kami sama-sama di DPRD Sumut. Beliau orang baik dan konsisten. Kita semua kehilangan dia," kata politisi Partai Golkar ini.

Sebelumnya, Sekwan DPRD Sumut Zulkifli membacakan riwayat singkat Baskami Ginting yang lahir 14 Desember 2959, pernah menjabat Wakil Ketua DPC PDI Karo, Wakil Ketua DPD Pro Mega Sumut, anggota DPRD Sumut periode 1999-2004, Ketua PAC PDI Perjuangan Medan Baru, Ketua Mamre Klasis Medan Kampung Lalang, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut 2014-2019.

Sebelum jenazah diserahkan kepada keluarga, Pj Gubernur Sumut menyerahkan santunan BPJS Ketenagakerjaan Baskami Ginting kepada Ny Baskami Ginting, Riahta Br Bukit dan putrinya dr Ribka Br Ginting.

Selanjutnya, Pj Gubernur dan unsur Forkopimda Sumut, pimpinan dan anggota DPRD Sumut dan pejabat lainnya memberi penghormatan terakhir kepada Baskami dengan mengelilingi peti jenazah, kemudian diangkat personel Satpol PP ke mobil ambulans menuju Jambur Halilintar Simpang Selayang Medan.

Sementara itu, di Jambur Halilintar, terlihat ribuan warga baik dari keluarga, simpatisan, kader PDI Perjuangan dan berbagai kalangan profesi ikut menghadiri acara adat penguburan Baskami dengan memberikan penghormatan terakhir dan sore harinya jenazah dibawa ke Desa Batukarang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, untuk dikebumikan di makam keluarga.(**)

Penulis
: Koran SIB/Firdaus Peranginangin
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com