Praeses GKPS Distrik IV Dukung Menag Revisi SKB 2 Menteri


257 view
Praeses GKPS Distrik IV Dukung Menag Revisi SKB 2 Menteri
Foto Dok
Pdt Jon RT Saragih
Medan (SIB)
Praeses Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Distrik IV, Pdt Jon Risman Toni Saragih mendukung dan mengapresiasi kebijakan Menteri Agama (Menag) yang akan merevisi Surat Keputusan Bersama (SKB) 2 Menteri tentang pendirian rumah ibadah di Indonesia.

"GKPS sangat mendukung hal itu dan mengapresiasi niat baik Menag yang akan merevisi SKB 2 Menteri tentang kemudahan pendirian rumah ibadah di Indonesia ini," kata Pdt Jon RT Saragih, Selasa (26/1) kepada SIB melalui pesan WhatsApp.

Dijelaskan, negara harus memberikan perlindungan dan kebebasan kepada agama kepercayaannya dan mendirikan rumah ibadah. Selama ini, faktor penyebab terjadinya pelanggaran kebebasan beragama dan berkeyakinan (KBB) adalah regulasi atau norma hukum yang inkonstitusional dan bertentangan dengan HAM. Selain itu, lemahnya penegakan hukum dan munculnya gerakan intoleransi.

"Negara harus memberikan jaminan tidak ada toleransi terhadap kelompok yang melakukan kekerasan berbasis kebebasan beragama dan berkeyakinan. Apabila tidak dilakukan akan jadi legitimasi pada kelompok intoleran untuk melakukan kekerasan yang berlarut," ujar dia.

Untuk itu GKPS mendukung rencana Menag untuk merevisi SKB 2 Menteri yang intinya untuk mempermudah pendirian rumah ibadah. “Dengan adanya revisi itu nantinya tidak ada lagi kendala untuk mendirikan rumah ibadah di Indonesia yang selama ini terjadi. GKPS mendukung program Menag yang akan merevisi SKB itu,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berencana mengkaji ulang Surat Keputusan Bersama (SKB) 2 Menteri soal pendirian rumah ibadah. Rencana itu disampaikan merespons tuntutan revisi dari para pendeta Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI).

Yaqut menilai SKB itu tidak punya dasar hukum yang kuat. Selain itu, Yaqut juga banyak menerima laporan soal kesulitan mendirikan tempat ibadah. (M12/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com