Produksi Cabai Merah Sumut Diperkirakan 198.035 Ton


108 view
Internet
Ilustrasi cabai
Medan (SIB)
Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Propinsi Sumatera Utara tahun 2021 memprakirakan produksi cabai merah di daerah ini sebanyak 198.035 ton dari luas panen 13.717 hektar dengan produktivitas 144,38 kwintal per hektare. Sementara itu untuk komoditi cabai rawit prakiraan produksinya sebanyak 62.383 ton dari luas panen 5.572 hektare.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut melalui Kasubbag Program, Akuntabilitas dan Informasi Publik Yuspahri Perangin-angin, Senin ( 12/4). Sementara itu, untuk konsumsi kebutuhan cabai merah sangat mencukupi yakni hanya sekitar 65,7 ribu ton untuk konsumsi RT (Rumah Tangga) per tahun.

Jumlah ini belum termasuk untuk kebutuhan restoran, rumah makan lainnya.
Juga belum termasuk pendistribusian cabai merah antar propinsi. Jadi yang jelas dari sisi produksi kebutuhan cabai merah di Sumut mencukupi, imbuhnya.

Menurut pantauan SIB, Senin (12/4), harga cabai merah di pasar-pasar tradisional di Medan masih mahal di level Rp 38.000- Rp 40.000 per Kg. Namun pembelian dalam eceran harganya bisa mencapai Rp 50.000 per Kg.

Harga cabai merah yang dijual tidak saja produk lokal Sumut tapi juga dari luar Sumut misalnya Aceh, Sumbar dan Jawa.

Kalau konsumen yang tahu rasa lebih memilih cabai gunung produksi Sumut, ujar pedagang grosir bahan sayur mayur.

Cabai gunung warnanya merah dan pedasnya segar. Beda produksi luar Sumut warnanya merah cerah, tegang dan ukurannya panjang. Pedasnya getir di lidah."

Tahun 2020 lalu, itu produksi cabai merah di Sumut mencapai 193.827 ton dengan produktivitas 104,83 kwintal per hektar dari luas panen 18.492 hektar.

Sentra produksi cabai merah yakni Karo, Simalungun, Dairi, Langkat.

Data diperoleh SIB, cabai merah banyak dipasarkan ke Batam yang dibawa pedagang melalui Kapal Motor (KM) Kelud yang keberangkatan dari Pelabuhan Belawan setiap hari Selasa. (A1/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com