Proyek TPT yang Terbelah Hanya Ditambal Sulam Adukan Semen di Desa Sei Siur Langkat


250 view
Foto SIB:Lesman Simamora
DITAMBAL: Perbaikan proyek TPT yang rusak di Desa Sei Siur Kecamatan Pangkalansusu Langkat hanya ditambal dengan adukan semen.
Pangkalansusu (SIB)
Tembok Penahan Tanah (TPT) yang rusak diduga akibat kualitasnya rendah, kini telah diperbaiki vendor pelaksana proyek, tepatnya di Dusun II Citra Desa Sei Siur Kecamatan Pangkalansusu Langkat.

Proyek TPT yang menelan biaya Rp 387 juta dengan sumber dana APBD T.A 2020 itu baru sekira dua minggu selesai dikerjakan kontraktor, tapi sudah rusak parah, seperti diberitakan koran ini beberapa hari lalu.

Ironisnya, perbaikan cor beton TPT yang retak-retak, bahkan di beberapa titik ruas bangunan terbelah, hanya ditambal sulam adukan semen, sesuai pantauan SIB di lapangan, Selasa (5/1).

Terlihat buruh bangunan memahat kedua sisi dinding tembok yang retak dan yang terbelah, kemudian retakan ditambal sulam dengan adukan semen.

Beberapa awak media memantau perbaikan TPT yang rusak, tapi tak terlihat adanya pengawas proyek dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Langkat.

Selama tiga jam awak media di lokasi proyek, tidak seorang pun dari pihak berkompeten yang terlihat di lapangan, termasuk pihak vendor selaku pelaksana proyek. Yang ada hanya dua orang buruh bangunan.

Buruh bangunan yang ditanya awak media, atas perintah siapa keduanya melakukan perbaikan TPT yang rusak, menjawab mereka hanya pekerja. Apa yang diperintahkan, itu yang dikerjakan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Langkat, Subiyanto yang dikonfirmasi SIB melalui telepon genggamnya, Rabu (6/1), terkait perbaikan TPT yang rusak, tidak merespon. Beberapa kali dihubungi lewat pesan singkat WhatsApp-nya, termasuk melampirkan foto TPT yang sedang diperbaiki, juga panggilan lewat sambungan WA-nya, tapi Subiyanto tidak juga mau menjawab.

“Perbaikan TPT yang rusak hanya ditambal sulam adukan semen itu dikuatirkan tidak akan kuat menahan beratnya beban cor beton tembok serta material tanah yang berada di atas tembok,” ujar warga sekitar proyek, Sumitro kepada SIB. (M25/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com