RAT TB 2020, Laporan Keuangan/Program Kerja Pengurus/Pengawas KSP CU MB Diterima


265 view
RAT TB 2020, Laporan Keuangan/Program Kerja Pengurus/Pengawas KSP CU MB Diterima
(Foto: Dok/KSP CU MB)
FOTO BERSAMA: Pengurus dan Pengawas periode TB 2021-2025 foto bersama usai dilantik, Kamis (25/3). 
Tebingtinggi (SIB)
Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2020 dan Rapat Anggota Khusus (RAK) pemilihan pengurus periode 2021-2025 Koperasi Simpan Pinjam (KSP) CU Makmur Bersama (MB),Kamis (25/3) di Aula KSP CU MB berlangsung lancar dan sukses
Ketua KSP CU MB, Joksan Situmorang mengatakan, KSP CU MB adalah lembaga berbadan hukum yang selalu taat kepada regulasi yang ada di Negara Republik Indonesia, yakni UU No 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian
Amanat UU tersebut mengatakan, bahwa rapat anggota dilakukan paling sedikit 1 (satu) kali dalam satu tahun dan itulah yang dilaksanakan.

“Karena keanggotaan KSP CU MB TB 2020 telah mencapai 19.555 orang untuk 21 cabang,hal ini tidak memungkinkan lagi melakukan RAT sekaligus, maka dalam Perubahan AD/ART diperkenankan melakukan RAT Kawasan Wilayah Regional (KWR) dan hal ini sudah selesai dilakukan pengurus di 21 cabang,” ujar Joksan Situmorang.

Joksan Situmorang menuturkan bahwa untuk TB 2020 KSP CU MB dari segi jumlah anggota mengalami penurunan ( -2,06% ) dibanding TB 2019. Simpanan Saham turun (-0,55 )persen, Sibuhar Anggota naik 4,62 persen, Sisuka Anggota naik 11,02 persen, Piutang Anggota turun (-0,48) persen, pendapatan turun (-7,00) persen, sedangkan jumlah aset naik 3,27 persen.

“Akibat pandemi Covid-19, pendapatan KSP CU MB memang mengalami penurunan, namun demikian deviden masih bisa kita bayarkan sebesar 8,40 persen untuk anggota,” sebut Joksan.

Sedangkan Albert Napitupulu mewakili anggota dalam sambutannya mengatakan, dirinya dan keluarga sangat merasakan kehadiran KSP CU MB, karena sangat memudahkan pihaknya jika membutuhkan dana untuk kepentingan keluarga. Selain itu, ia berharap pengurus dan pengawas yang terpilih nantinya, hendaknya bisa lebih baik bekerja ke depan untuk memajukan CU MB.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumatera Utara yang diwakili Juniari Siahaan, dalam sambutannya mengatakan pihaknya menyambut baik KSP CU MB melakukan RAT/RAK tepat waktu dengan protokol kesehatan yang disiplin.

“Saya udah membaca Buku Pintar KSP CU MB dan semua baik, khususnya neraca. Kami sangat bangga CU MB tidak pernah bergejolak dan secara nasional nilainya di great A,” ujarnya.

Ketua Dekopinda Ir Iboy Hutapea mengatakan, RAT KSP CU MB telah melakukan tepat waktu dan hal inilah yang diharapkan. Diapun menambahkan bahwa Dekopinda masih berjuang menuntaskan persoalan pajak koperasi, sebab hingga saat ini persoalan koperasi masih disamakan dengan pajak bank, padahal UU kedua lembaga itu sangat berbeda.

Ketua BK3D Sumut yang diwakili Dasman Sirait juga menyambut baik KSP CU MB bisa melakukan RAT tepat waktu sesuai yang dianjurkan UU 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Sedangkan Penasehat KSP CU MB Pastor Rudi dalam sambutannya mengatakan, ada sejumlah nilai positif yang diraih di antaranya, pada 21 Oktober 2021 nanti usia CU ini genap 21 tahun, usia yang energik dan masih muda sudah bisa membuka 21 cabang di Provinsi Riau dan Sumatera Utara dengan anggota sebanyak hampir 20.000 orang.

Nilai positif lainnya, dalam kondisi resesi KSP CU MB masih bisa menyelenggarakan RAT dan membayarkan hak-hak anggota dengan baik yakni masih bisa membayarkan deviden.

“Hari ini kita periodesasi, saya berharap kelak yang terpilih nanti adalah orang-orang yang bisa kerja untuk memajukan KSP CU MB,” ujar Pastor Rudi.

Adapun pengurus KSP CU MB Periode 2021-2025 terpilih antara lain Joksan Situmorang, Marlan Simatupang, Humala Siagian, Suhartana dan Mandin Sinaga. Sedangakan Pengawas, Tumpal Nadapdap, Partogi Sitohang dan Paurat Sigiro. (BR3/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com