Rakerwil BEM SI Sumbagut, Gubernur Ingatkan Mahasiswa Harus Visioner dan Berani


188 view
Rakerwil BEM SI Sumbagut, Gubernur Ingatkan Mahasiswa Harus Visioner dan Berani
(Foto: Dok/Diskominfo Sumut)
SEMINAR: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menghadiri Seminar Nasional dan Pembukaan Rakerwil Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia Wilayah Sumbagut di Gedung Digital Library Unimed, Jalan Willem Iskandar, Deliserdang, Senin (31/7). 
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengingatkan para mahasiswa merupakan motor penggerak perubahan. Karena itu mahasiswa harus memiliki cara pandang visioner dan berani.
Dia mengatakan, dua kali mahasiswa berhasil mengubah cara pandang bangsa Indonesia. Pertama melalui Sumpah Pemuda dan yang kedua adalah Reformasi yang membentuk Indonesia menjadi negara demokrasi seutuhnya.
“Dua kali mahasiswa merubah cara pandang bangsa kita, dan keduanya sangat penting bagi bangsa ini, kenapa bisa seperti itu karena mahasiswa itu visioner, pemberani, bergerak, kritis dan cerdas, menjunjung tinggi idealisme,” kata Edy Rahmayadi saat menghadiri Seminar Nasional dan Pembukaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Wilayah Sumbagut di Gedung Digital Library Universitas Negeri Medan (Unimed), Jalan Willem Iskandar, Deliserdang, Senin (31/7).
Edy pun menceritakan kisahnya yang diperintahkan untuk melakukan pengamanan saat demo mahasiswa 1998. Dia mengaku pada saat itu masih berpangkat mayor dan harus mengamankan aksi-aksi perlawanan mahasiswa.
Edy Rahmayadi berharap mahasiswa saat ini terus mengutamakan cara berpikir yang visioner dan berani. Dengan begitu akan mempercepat Indonesia untuk bergerak lebih maju.
“Mungkin saat ini caranya sudah berbeda, tetapi cara berpikir itu tetap sama, keberanian itu tetap sama untuk membuat perubahan yang lebih baik, kalian calon-calon pemimpin masa depan,” katanya.
Sementara itu Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian mengatakan perlunya mahasiswa yang masih menjunjung tinggi idealisme. Idealisme menurutnya akan melahirkan pemikiran-pemikiran kritis.
“Mahasiswa dididik untuk lebih kritis, mereka punya forum diskusi yang bebas membahas apa saja di kampus itu yang akan menumbuhkan pemikiran yang tajam, karena itu hidupkanlah diskusi-diskusi kalian di kampus untuk memikirkan masalah-masalah yang ada di Sumut dan Indonesia,” katanya.
Hadir pada pertemuan tersebut Ketua Sema Unimed Ahmad Daniel Lubis, Wakil Rektor III Unimed serta jajarannya. Hadir juga OPD terkait Pemprov Sumut, Sema Unimed serta BEM beberapa universitas di Sumut. (rel/A8/c)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com