Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kecamatan Tanjungmorawa dan Batangkuis


86 view
Foto.Dok/Kecamatan Batangkuis
BANJIR : Rumah warga terkena banjir di Desa Sugiharjo Kecamatan Batangkuis, Selasa (12/1).
Deliserdang (SIB)
Tingginya curah hujan di wilayah Deliserdang termasuk daerah pegunungan, membuat sungai Batangkuis meluap sehingga ratusan rumah di sepanjang bantaran atau sekitar sungai mulai dari Kecamatan Tanjungmorawa hingga Batangkuis Kabupaten Deliserdang, Selasa (12/1), terkena banjir.

Informasi diperoleh, di seputaran Kecamatan Tanjungmorawa dan Batangkuis tidak ada hujan. Namun tingginya curah hujan di daerah pengunungan membuat sungai tidak dapat menampung debit air yang mengalir dari hulu.
Data diperoleh, rumah yang terkena banjir di Kecamatan Tanjungmorawa sekira 50-an di Dusun IV dan Dusun V Desa Tanjungbaru serta puluhan rumah di Perumahan Tamansari Permai di Dusun XII Desa Bangunsari Baru.

Selanjutnya di Kecamatan Batangkuis, banjir tersebar di 7 desa yaitu di Desa Sidodadi, Sena, Mesjid, Batangkuis Pekan, Bintangmeriah dan Sugiharjo. Namun banjir yang paling tinggi berada di Desa Sugiharjo. Seratusan rumah warga tergenang banjir.

Camat Batangkuis Avro Wibowo ketika dikonfirmasi SIB mengatakan pihaknya sudah mengkordinir warga sekitar untuk melakukan gotongroyong membersihkan sampah di sungai. Belum ada warga yang mengungsi, namun sudah diantisipasi dengan mendirikan posko dan dapur umum di Puskesmas Pembantu Desa Sugiharjo.

Kini pihaknya bersama pemerintah desa tetap memonitoring apabila air makin naik. “Masyarakat sudah dihimbau agar tetap waspada apabila debit air naik” katanya. (T03/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com