Razia Lapas Pancurbatu, Petugas Amankan Ponsel, Kartu Joker Hingga Gunting


57 view
Foto Dok/Humas Lapas
RAZIA: Petugas gabungan saat melakukan razia di dalam kamar WBL Pancurbatu, Selasa (6/4) malam.
Pancurbatu (SIB)
Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-A Pancurbatu melakukan razia gabungan bersama Polsek Pancurbatu dan Koramil 14/PB di blok hunian Warga Binaan Lapas (WBL), Selasa (6/4) malam.

Kepala Lapas Pancurbatu Haposan Silalahi mengatakan razia gabungan ini melibatkan petugas Lapas Pancurbatu berjumlah 91 orang, Polsek Pancurbatu berjumlah 6 orang, Koramil 14/PB berjumlah 6 orang di dalam blok hunian.

"Razia kita mulai pukul 20.00 WIB. Sebanyak 9 kamar yang ada di dalam blok hunian, tidak luput dari pemeriksaan para petugas, guna mencari benda terlarang yang tidak diperbolehkan masuk ke dalam lapas," kata Haposan kepada wartawan, Rabu (7/4).

Ia mengatakan pihaknya melakukan razia gabungan bersama petugas TNI dan Polri, untuk menjaga ketertiban di dalam lapas. "Tentunya supaya razia ini berjalan aman dan kondusif, sehingga kita berkolaborasi dengan rekan-rekan dari TNI dan kepolisian," ujarnya.

Selain itu, razia ini juga merupakan perintah langsung Direktur Jenderal Pemasyarakatan Irjen Pol Drs Reynhard Silitonga SH MH MSi melalui surat edaran Nomor PAS-2-PK.02.10.02-143.

Dalam razia yang dilakukan secara cepat dan bersifat rahasia ini, petugas mengamankan sejumlah barang terlarang, yakni 3 ponsel, gunting, kartu joker, serta alat cukur dari dalam kamar yang tidak dibenarkan berada di dalam lapas.

"Kita akan terus melakukan razia rutin di dalam blok hunian, hal ini bertujuan untuk mencegah masuknya barang terlarang ke dalam serta demi terciptanya kondusifitas di lingkungan lapas," tegasnya.

Ia mengatakan pihaknya melakukan razia minimal 1 kali dalam seminggu. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya peningkatan deteksi dini guna menciptakan kondisi yang kondusif di Lapas. "Razia Rutin dilaksanakan minimal 1 kali seminggu," tutupnya. (SS6/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com