Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Rektor USU Kukuhkan Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Keuangan Prof Khaira Amalia

Redaksi - Selasa, 23 Mei 2023 17:48 WIB
197 view
Rektor USU Kukuhkan Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Keuangan Prof Khaira Amalia
(Foto: Dok/USU)
Prof Dr Khaira Amalia Fachrudin membacakan pidato pengukuhannya di USU, Senin (22/5). 
Medan (SIB)
Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Muryanto Amin SSos MSi mengukuhkan Guru Besar Tetap USU Prof Dr Khaira Amalia Fachrudin SE Ak MBA CA, MAPPI (Cert) dari Bidang Ilmu Manajemen Keuangan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Gelanggang Mahasiswa, Senin (22/5).
Rektor USU dalam pidatonya kembali menyoroti tentang titik kritis peradaban yang tengah dihadapi manusia, salah satunya krisis pembelajaran yang melanda Indonesia sejak 2 dekade terakhir berdasarkan indicator PISA.
“Hasil tes itu menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan dalam 10-20 tahun terakhir dan 70 persen pelajar usia 15 tahun, ada di bawah kompetensi minimum untuk membaca dan matematika,” jelasnya.
Menurut Prof Muryanto diperlukan solusi untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Salah satunya dengan melakukan transformasi yang harus melibatkan semua pihak termasuk kontribusi para Guru Besar.
“Kontribusi guru besar mempercepat transformasi USU, memiliki peran yang sangat penting untuk memenuhi kinerja penelitian, pengabdian masyarakat, publikasi, dan inovasi serta manfaatnya bagi pembangunan SDG;s dan dunia industri yang berstandar internasional,” kata Prof Mury.
Bertambahnya jumlah Guru Besar Tetap di USU setelah dilantiknya Prof Dr Khaira Amalia Fachrudin, diharapkan dapat mendukung USU dalam mewujudkan komitmen pelayanan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya dedikasi dan kontribusi untuk mengatasi persoalan krisis pendidikan di Indonesia.
Sementara itu, Prof Dr Khaira Amalia Fachrudin membacakan pidato pengukuhannya berjudul “Digital Financial Literacy untuk Mencapai Financial Well-Being”. Isi pidatonya tersebut mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan keuangan di dunia digital. (A2/a)




Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kurnia Utama: Banyak Guru di Sumut Belum Miliki Kemampuan Pendidikan Khusus
Konjen Jepang di Medan Serahkan Bantuan 33 Judogi ke PJSI Sumut
Si 'Tabe' Domba ras Merino dari Tabebuya Farmland Sabet Juara I Kontes Ternak di Fakultas Pertanian USU
Pj Bupati Deliserdang Kukuhkan Jabatan 73 Kades
Pemko Sibolga Gelar Pelepasan Purnabakti Sekda M Yusuf Batubara
Kapolres Pematangsiantar Bentuk Timsus Antisipasi Tawuran, Geng Motor dan Kenakalan Remaja
komentar
beritaTerbaru