Minggu, 21 Juli 2024

Sambut Peringatan Harlah Pancasila 2023, Pemprov Sumut lakukan Persiapan

Redaksi - Minggu, 28 Mei 2023 17:58 WIB
276 view
Sambut Peringatan Harlah Pancasila 2023, Pemprov Sumut lakukan Persiapan
Foto: DISKOMINFO SUMUT
Medan (SIB)
Pemprov Sumut bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daaerah (Forkopimda) Sumut melakukan persiapan peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila tahun 2023.

Rapat panitia persiapan peringatan Harlah Pancasila berlangsung di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Jumat (26/5). Rapat dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Basarin Yunus Tanjung didampingi Kepala Biro Kesejahteraan Sumut Rahmadani Lubis. Turut hadir unsur TNI Polri, perwakilan BUMN, BUMD dan Perangkat Daerah lingkup Pemprov Sumut.

Basarin Yunus Tanjung mengatakan, Harlah Pancasila tahun 2023 mengangkat tema "Gotong Royong Membangun Peradapan dan Pertumbuhan Global". Esensi utama peringatan Harlah Pancasila agar ideologi negara ini diketahui asal usulnya oleh Bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi.

“Sehingga kelestarian dan kelanggengan Pancasila senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.

Dalam peringatan Harlah Pancasila tahun ini, Pemprov Sumut dan seluruh unsur Forkopimda akan melaksanakan upacara bendera secara luring dan daring di Lapangan Astaka Jalan William Iskandar, 1 Juni 2023.

"Kita persiapkan segala sesuatunya dengan baik. Kami berharap, semua mampu melaksanakan tugasnya masing-masing dengan penuh tanggung jawab," ujarnya.[br]


Dalam upacara secara luring, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi direncanakan akan menjadi inspektur upacara, sedangkan yang menjadi Komandan Upacara akan berasal dari unsur TNI/Polri. Barisan pasukan upacara akan dibagi empat batalyon, sebanyak 1.039 orang ditambah 211 perserta lainnya sebagai pendukung.

Upacara yang dilakukan terpusat dari lapangan Monumen Nasional Medan Merdeka Jakarta Pusat akan diikuti unsur pimpinan secara daring di Aula Kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga.

Sebelumnya, kepanitiaan persiapan Harlah Pancasila Provinsi Sumut itu telah ditetapkan melalui Keputusan Gubernur Sumut Nomor 188.44/293/KPTS/2023 tentang panitia pelaksana peringatan Hari Lahir Pancasila Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023. (A8/d)




Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ikut Langsung Bagikan Leaflet PON, Pj Gubernur Agus Fatoni ajak Masyarakat Sukseskan PON
Motivasi Ratusan PPPK Pemprov Sumut, Moettaqien: Miliki "Esprits De Corps"
Bupati Simalungun: Penanaman Cabai dengan Metode Fertigasi Menguntungkan
Pemprov Sumut Ajak Pelaku Pariwisata Dukung PON XXI Aceh-Sumut
Pj Gubernur Agus Fatoni Diberi Gelar Adat ‘Sutan Raja Pangondian’ dan Marga Hasibuan
Pemprov Sumut Dukung Hilirisasi Investasi Strategis Sektor Industri Kelapa Sawit
komentar
beritaTerbaru