Sampah Menumpuk di Eks Terminal Pangkalan Brandan


313 view
Sampah Menumpuk di Eks Terminal Pangkalan Brandan
Foto: SIB/Lesman Simamora
SAMPAH : Eks terminal bus Pangkalan Brandan seakan berubah fungsi menjadi tempat pembuangan sampah, tepatnya di Kelurahan Alur Dua, Kecamatan Sei Lepan, Langkat. Foto direkam, Senin (25/1).
Sei Lepan (SIB)
Eks terminal Pangkalan Brandan di Jalan Besitang, di Kelurahan Alur Dua Kecamatan Sei Lepan Langkat seakan beralih fungsi manjadi TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sampah, Senin (25/1).

“Tumpukan sampah di lokasi eks terminal itu sangat mengganggu kenyamanan warga sekitar padat penduduk itu,” ujar tokoh pemuda di Pangkalan Brandan, Hasrizal SH kepada SIB, Senin (25/1).

Sampah yang menupuk di lokasi eks terminal, selain menimbulkan kesan lingkungan menjadi kumuh, juga aroma bau busuk sampah mengusik kenyamanan warga sekitar.

Dia mendesak pihak Dinas Lingkungan Hidup (LH) Pemkab Langkat segera membersihkan tumpukan sampah dari eks terminal, dan diangkut ke lokasi TPA sampah.

" Sangat tidak pantas kawasan padat penduduk dijadikan tempat penumpukan sampah, walaupun itu hanya bersifat sementara," katanya.

“Bukan tidak mungkin tumpukan sampah yang mengeluarkan aroma tak sedap itu berpotensi menimbulkan penyakit khususnya bagi warga setempat, apalagi eks terminal itu persis di pinggir jalan negara yang setiap saat dilintasi warga pengguna jalan”, terang Hasrizal.

Kadis Lingkungan Hidup (LH) Kab Langkat, Iskandar Tarigan yang coba dikonfirmasi SIB melalui telpon genggamnya, Senin (25/1), dan Selasa (26/1) lewat pesan singkat WhatsApp-nya, termasuk melampirkan foto tumpukan sampah, tidak merespon.

Sebelumnya, koran ini telah menyiarkan kondisi jalan rusak parah menuju lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, tepatnya di Lingkungan VIII Sei Rambong Kelurahan Tangkahan Durian Kecamatan Brandan Barat.

“Infrastruktur jalan rusak, selain akibat intensitas hujan tinggi dan minimnya perawatan jalan, juga diperparah mobilitas truk yang mengangkut Tadan Buah Sawit (TBS), dan truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kab Langkat”, ujar A Tampubolon, warga Sei Rambong kepada SIB, pekan lalu.

Menurut sumber SIB yang layak dipercaya, alasan pihak terkait menumpuk sampah sementara di lokasi eks terminal, akibat jalan rusak parah sehingga sulit dilalui kendaraan menuju TPA sampah yang berlokasi di Lingkungan VIII Sei Rambong, Kelurahan Tangkahan Durian, Kecamatan Brandan Barat. (M25/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com