Satgas Covid-19 Medan Kembali Tertibkan Pedagang Angkringan Kesawan


289 view
Satgas Covid-19 Medan Kembali Tertibkan Pedagang Angkringan Kesawan
Foto: Dok/Humas Pemko Medan
Tutup Lapak: Petugas gabungan meminta pedagang angkringan Kesawan medan untuk menutup lapaknya, Sabtu (6/2).
Medan (SIB)
Tim Satgas Covid-19 Pemko Medan didukung jajaran Polrestabes Medan dan Kodim 0201/BS kembali menertibkan pedagang angkringan yang menggelar lapak di trotoar seputaran kawasan heritage Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Sabtu (6/2) malam. Penertiban dilakukan dalam upaya penegakan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan virus corona di tengah-tengah masyarakat.

Penertiban yang dilakukan berupa penutupan lapak dan membubarkan seluruh pengunjung, karena para dinilai abai dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama penyediaan cuci tangan dan social distancing (jaga jarak) sehingga terjadinya kerumunan. Ditambah lagi, pengunjung yang datang juga kebanyakan tidak mengenakan masker, sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan terjadinya cluster baru penyebaran Covid-19.

Dalam arahanmya pada apel yang digelar di halaman depan Kantor Wali Kota Medan sebelum dilakukannya penertiban, Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP Alimuddin Sinurat meminta seluruh tim gabungan yang diturunkan agar mengedepankan penertiban secara persuasif.

"Penertiban dilakukan untuk penegakan protokol kesehatan, terutama mencegah terjadinya kerumunan guna menekan laju penyebaran virus Corona. Utamakan pendekatan persuasif saat meminta pedagang menutup usahanya dan membubarkan pengunjung yang ada," katanya.

Saat melakukan penertiban di Jalan Ahmad Yani VII, tim gabungan mendapati belasan pedagang membuka lapak dan pengunjung yang hadir cukup banyak. Tim gabungan langsung meminta kepada pedagang untuk menutup usahanya, sedangkan pengunjung diimbau segera meninggalkan lokasi. Bersamaan itu mobil yang dilengkapi pengeras suara milik Dinas Kominfo Kota Medan berulangkali mengingatkan agar pentingnya melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penyebaran virus Corona di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung saat ini.

Pada kesempatan itu, petugas memberi waktu setengah jam kepada pedagang untuk tutup dan mengemasi lapaknya, termasuk kepada pengunjung untuk meninggalkan lokasi. Setelah seluruh pedagang tutup dan pengunjung membubarkan diri, tim gabungan kemudian bergerak menuju Jalan Perdana. Di kawasan tersebut, pedagang angkringan sudah menutup usahanya sehingga tidak dilakukan penertiban.

Setelah itu tim gabungan memasuki Jalan Masjid, kembali ditemukan banyak pedagang angkringan buka lapak dengan jumlah pengunjung yang cukup banyak. Melalui pendekatan persuasif, tim gabungan meminta kepada pedagang untuk tutup dan pengunjung agar meninggalkan lokasi. Tindakan yang sama juga dilakukan di Jalan Ahmad Yani Kesawan, tim meminta kepada seluruh pedagang angkringan tutup dan pengunjung agar membubarkan diri. (Rel/M15/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com