Sebanyak 7.730 Keluarga KPM Tebingtinggi Terima BST Rp 300 Ribu per Bulan

* Wali Kota Umar: BST Tidak Boleh Beli Rokok

171 view
Sebanyak 7.730 Keluarga KPM Tebingtinggi Terima BST Rp 300 Ribu per Bulan
Foto: SIB/Humala Siagian
SERAHKAN: Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan (pakai topi) secara simbolis serahkan BST kepada masyarakat Tebingtinggi, Minggu (10/1).
Tebingtinggi (SIB)
Sebanyak 7.730 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 5 Kecamatan Kota Tebingtinggi, menerima bantuan uang tunai, senilai Rp 300 ribu per bulan selama 4 bulan. Penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST), dihadiri langsung Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan, Minggu (10/1), di Anjungan Sri Mersing, kota setempat.

Wali Kota dalam arahannya mengatakan, sebesar apapun bantuan yang diterima, harus disyukuri dan kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini berakhir.

“Karena kita tidak tahu kapan pandemi berakhir, maka pemerintah tetap melanjutkan pemberian BST. Jika ekonomi sudah membaik bantuan sebaiknya tidak diambil dan serahkanlah, kepada Kantor Pos untuk dapat diserahkan kepada orang lain yang lebih berhak,” ujar Umar

Menurut Umar, dalam keadaan pandemi tidak semua usaha terdampak, karena ada juga usaha lancar antara lain, jual bunga, jual ikan cupang, jual sepeda, dan jual masker.

“Bantuan ini ‘haram’ hukumnya untuk beli rokok. Hal ini jelas disampaikan kepada kami, dan kewajiban kamilah menyampaikan kepada bapak/ibu,” jelas Umar.

Selain itu, Umar meminta penerima BLT agar semakin disiplin memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta rajin mencuci tangan merupakan perilaku baru di masa pandemi Covid-19.

Terkait vaksin, wali kota menjelaskan bahwa vaksin tersebut datangnya bertahap. Diprediksi dalam 1 tahun baru selesai warga Kota Tebingtinggi divaksin. Untuk penerima vaksin tahap pertama diutamakan untuk tenaga kesehatan, TNI/Polri dan pejabat yang berhubungan langsung dengan publik.

Sebelumnya Deputi Jaringan dan Layanan Keuangan Kantor Regional 1 PT Pos Indonesia Selo Edi melaporkan, untuk Kota Tebingtinggi akan dibayarkan sebanyak 7.730 KPM untuk 5 kecamatan. Hari ini sebagai penerima perdana akan diserahkan kepada Kecamatan Bajenis sebanyak 1.813 KPM.

“Kami atas nama Perusahaan Pos Indonesia mengucapkan terimakasih atas kerjasama pihak Muspika dan Pemerintah Kota untuk melaksanakan kegiatan ini. Kepada pihak penerima KPM kami mohon tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19," harap Selo Edi. (BR3/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com