Sabtu, 20 Juli 2024

Sekda: Pemprov Sumut Komit Kembangkan Layanan RSU Haji Medan

Redaksi - Senin, 09 Januari 2023 19:51 WIB
514 view
Sekda: Pemprov Sumut  Komit Kembangkan Layanan RSU Haji Medan
Foto: Dok/Kominfo Sumut
IKUTI RAPAT: Sekda Sumut Arief S Trinugroho mengikuti rapat  akreditasi RSU Haji Medan dengan OPD terkait, di ruang rapat Sekda Lantai 9 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponogoro Medan, Senin (9/1/2023) 

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Sumut) Arief S Trinugroho menyampaikan komitmen dan dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dalam mengembangkan Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan. Terutama pada pembangunan dan rehabilitasi untuk. peningkatan layanan kesehatan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Arief S Trinugroho, dalam rapat akreditasi RSU Haji Medan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, di ruang rapat Sekda Lantai 9 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponogoro Medan, Senin (9/1/2023).

Hadir di antaranya, Direktur RSU Haji Medan dr Rehulina Ginting, Kepala Badan Perecanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah Hasmirizal Lubis, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Ismael P Sinaga.

"Ada beberapa kebijakan Gubernur untuk RS Haji Medan sesuai Surat Keputusan Nomor: 188.44/9/KPTS/2022, antara lain dalam bentuk pembangunan dan peningkatan, yakni pembangunan tower di RS Haji Medan nantinya. Diharapkan akan menambah peningkatan layanan dengan kapasitas tempat tidur sebanyak 400 unit. Serta optimalisasi layanan kanker, jantung, Stroke dan uro-nefro," ucapnya.

Arief mengatakan peningkatan layanan RS Haji tersebut, di antaranya penyediaan fasilitas pelayanan, sarana, prasarana dan alat kesehatan untuk Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) Rujukan, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan UKM Rujukan tigkat daerah, serta penyediaan layanan kesehatan untuk UKP Rujukan, UKM dan UKM Rujukan.[br]




RSU Haji Medan juga diminta untuk melakukan penyelenggaraan Sistem Informasi Kesehatan secara terintegrasi. Kemudian melakukan pengembangan mutu dan peningkatan kompetensi teknis SDM kesehatan tingkat daerah.

Sementara itu, Rehulina Ginting menyampaikan RSU Haji Medan sudah melakukan beberapa program kegiatan dan penyuluhan, terutama pada stunting, HIV, TBC dan KB. RSU Haji Medan sudah melakukan MoU dengan beberapa RSUD untuk menerima pasien tersebut.

"Selain RSUD, kita juga melakukan pemantauan pada beberapa Puskesmas di daerah untuk melakukan penyuluhan terkait stunting. Di mana ada 10 Puskesmas yang kami pantau dalam melakukan penyuluhan ini," katanya. (*)






Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pj Gubernur Agus Fatoni Diberi Gelar Adat ‘Sutan Raja Pangondian’ dan Marga Hasibuan
Proyek IPA Kapasitas 900 Liter/Detik di Johor dan Pulo Brayan Rencana Selesai Desember 2024
Seribuan Peserta BMPD Medan Semarakkan Run 5K dan 10K 2024 di Medan
Pj Wali Kota Letakan Batu Pertama Pembangunan RTLH Bantuan Pemprov Sumut di Tebingtinggi
Sergai Terima Bantuan Bedah Rumah dari Pemprov Sumut
KKSU X NSI Day 2024 "Rap Pamajuhon Sumatera Utara" Berkolaborasi dengan Pemprov Sumut Dibuka
komentar
beritaTerbaru