Sikapi Kasus Covid-19 di Pulau Jawa Meningkat, Dinkes Imbau Masyarakat Sumut Perketat Prokes


1.709 view
Sikapi Kasus Covid-19 di Pulau Jawa Meningkat, Dinkes Imbau Masyarakat Sumut Perketat Prokes
Foto Dok/Leo Bukit
Kepala Dinas Kesehatan Sumut drg Ismail Lubis MM.

Medan (harianSIB.com)


Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) drg Ismail Lubis MM mengimbau masyarakat untuk kembali memperketat protokol kesehatan (prokes) agar kasus Covid-19 tidak lagi meningkat signifikan.

"Mengantisipasi itu, apapun jenis virusnya, tidak hanya Covid-19, masyarkat diminta untuk memperketat protokol kesehatan," katanya, Minggu (26/6/2022), menyikapi beberapa waktu terakhir, penambahan angka kasus baru Covid-19 di Pulau Jawa kembali meningkat signifikan.

Ismail meminta apabila menemukan kasus Covid-19 agar segera melakukannya tracing. Di mana, satu kasus Covid-19 terdapat 12 orang kontak erat yang ditracing. "Jika ada yang kontak erat, maka harus dilakukan tracing," jelasnya.

Kemudian, sambung dia, masyarakat harus melakukan vaksin Covid-19 dosis satu, dua dan tiga. Begitu juga, setiap masyarakat yang melakukan pertemuan dengan orang banyak segera melakukan tes antigen. "Sehingga bila ada kasus baru bisa segera diketahui," ujarnya.

Tak hanya itu, Ismail juga meminta masyarakat agar mau jujur kalau mengalami gejala Covid-19 seperti pilek, diare dan demam. Tak lupa, tambah dia, agar segera melakukan tindakan dengan menghubungi dokter. "Masyarakat harus jujur bila memiliki gejala Covid-19 dan beristirahatlah," tuturnya mengakhiri. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com