Sistem BPJS Kesehatan Error, Pelayanan di RS Santa Elisabeth Tertunda 3 Jam


486 view
Medan (SIB)- Sistem online BPJS Kesehatan mengalami masalah (error) berdampak kepada pelayanan rawat jalan di Poliklinik RS Santa Elisabeth Medan.
Direktur RS Santa Elisabeth Medan dr Maria Christina MARS mengatakan pihaknya menunda melayani pasien yang hendak berobat jalan dikarenakan sistem Surat Eligibiltas Peserta (SEP) BPJS Kesehatan mengalami eror dari pukul 10.00-13.00 WIB.

"Ya ditunda layani pasien, bagaimana kami nanti bisa mengklaim ke BPJS kalau sistem rusak. Setelah itu, kami mengkonfirmasi ke verifikator BPJS yang ada di rumah sakit, mereka bilang terima saja secara manual, dan kami melayani pasien secara manual," kata Maria kepada wartawan, Jumat (17/11).

Kata dr Maria, sebelum mengalami kerusakan, proses pendaftaran di poliklinik rumah sakit yang dikomandoinya berjalan dengan lancar. "Dengan adanya kerusakan, puluhan pasien kecewa bahkan ada pasien yang pulang karena tak bisa kami layani," jelasnya.

Layani Secara Manual
Terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, dr Ari Dwi Ariani MKM mengaku saat itu sistem jaringan BPJS Kesehatan sedang mengalami masalah dari pusat sehingga offline. Namun, BPJS Kesehatan meminta hal itu tidak dijadikan alasan dan rumah sakit tetap bisa melayani pasien secara manual.
"Untuk yang tidak dilayani secara manual sepertinya ada miskomunikasi antar petugas rumah sakit. Tetapi sekarang semuanya sudah bisa melayani secara manual. Pasien harus tetap dilayani," jelasnya.

Meskipun eror, sambungnya, rumah sakit harus tetap melayani secara manual. "Terpenting pelayanan pasien BPJS Kesehatan tetap berjalan. Hal itu sudah dikomunikasikan dengan pihak RS. "Saya mau pasien dilayani dengan baik. Kalau memang ada hambatan nanti bisa diberitahukan lagi ke BPJS Kesehatan," terangnya. (A17/c)

Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com