Tak Terima Mobilnya Ditarik, Seorang Pria Bakar Kantor Leasing


280 view
Medan (SIB)- Gedung Mandiri Tunas Finance di Jalan Gagak Hitam/Ringroad, Kecamatan Sunggal, terbakar, Jumat (20/7) siang. Diduga, kantor leasing mobil itu sengaja dibakar seorang nasabah.


Menurut Kepala Lingkungan IX Tanjung Sari, Medan Selayang, M Yahman (62), berdasarkan informasi yang diterimanya, seorang pria yang merupakan nasabah datang membawa 2 botol diduga berisi bahan bakar. "Setelah itu dia melakukan pembakaran, saya nggak tahu kejadiannya seperti apa. Apakah bakar diri apakah membakar, saya nggak tahu pasti," kata Yahman.


Seorang warga, Jack, menyatakan pelaku yang membawa 2 botol itu sempat dihalangi satpam. "Diterobosnya masuk ke dalam, langsung dilemparnya ke lobi. Terbakarlah, termasuk dia pun kena," ucapnya.


Setelah melakukan pembakaran, pria itu lari ke arah Simpang Melati. "Dia minta tolong ke warga, sempat menghentikan mobil, habis itu lari," ucap Jack. 

Melihat api muncul, sejumlah karyawan mencoba menyelamatkan diri. Warga yang melihat api berkobar di lantai dasar mencoba ikut membantu memadamkan si jago merah.


Bukan hanya material dan data-data yang terbakar, akibat kejadian itu 4 orang karyawan dinyatakan mengalami luka bakar yang cukup serius. Keempat korban bernama Hantogani Simanjutak (35) warga Dusun 1 Desa pematang Lalang, Chariln Siagian (33) warga Jalan Nasution Gnag Permai, Dian Pardede (32) warga Dusun 1 Desa pematang Lalang dan Ajri Kalisman warga Jalan Rawa II Gang Melayu itupun dilarikan ke rumah sakit umum Tere Margaret Jalan Ringroad Sunggal.


Menurut data yang diperoleh dari rumah sakit, nasabah yang nekat membakar itu bernama YAL. Pria ini tidak terima mobilnya ditarik oleh pihak Mandiri Tunas Finance.


Merasa kesal, YAL mendatangi kantor itu dengan membawa bahan bakar. Pria ini langsung menjumpai karyawan yang menarik mobil pick-upnya berjenis grand max.


"Pas waktu jam makan siang, pria itu datang. Langsung menjumpai yang menarik mobilnya pada bulan Juni," kata pekerja Mandiri Tunas Finance yang tak mau menyebut namanya di rumah sakit.


Tak berapa lama, Kapolsek Sunggal Kompol Yasir Ahmadi datang ke rumah sakit tersebut. Kedatangan Kapolsek itu untuk mengkroscek empat karyawan Mandiri Tunas Finance yang menjadi korban pelaku pembakar gedung perusahaan tersebut. 


"Ada 4 korban kebakaran,  karyawan dari Mandiri Tunas Finance. Sementara 1 orang pelakunya hingga saat ini melarikan diri usai membakar gedung perusahaan itu," ujar Kompol Yasir Ahmadi. 


Menurutnya, dugaan sementara, nasabah tersebut tidak terima terhadap penarikan mobilnya. "Keterangan yang kita dapat, yang membakar itu memang nasabah mereka. Tapi kita belum bisa pastikan, karena data-data ikut terbakar," jawab dia.


Dia menjelaskan kalau, pria tersebut memang sengaja membakar kantor maupun keempat korban.


Yasir menambahkan pihaknya masih menyelidiki pelaku yang membawa bensin ke dalam gedung Mandiri Tunas Finance. "Kita masih mintai keterangan pihak perusahaan, apakah pelaku memang memang benar nasabah dari perusahaan finance itu," ungkap Yasir. (A18/c)



Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com