Tidak Ditempati, Rumah Dinas Camat Tanjungberingin Sergai Tidak Terawat


318 view
Tidak Ditempati, Rumah Dinas Camat Tanjungberingin Sergai Tidak Terawat
Foto Dok/Lambok Simbolon
TIDAK TERAWAT : Bangunan rumah dinas Camat Tanjungberingin terlihat tidak terawat dengan atap yang terkuak rusak dan dinding yang berlumut, serta warna cat yang buram dan mulai terkelupas. Foto dipetik, Jumat (5/2).
Sergai (SIB)
Rumah Dinas Camat Tanjungberingin yang terletak di Jalan Pahlawan Dusun VII, Desa Pekan Tanjungberingin, Kecamatan Tanjungberingin, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) tidak terawat.

Pantaun SIB, Jumat (5/2), atap teras bangunan rumah dinas camat tersebut tampak terkuak. Sementara, dinding bangunan terlihat berlumut dengan warna cat yang buram dan mulai terkelupas. Di tingkat atas bangunan, kaca jendela terlihat terbuka dan taman tidak terurus.

Selain itu, tidak terlihat adanya aktivitas di kawasan rumah dinas tersebut. Hanya terdapat plank penanda yang menerangkan tanah tersebut milik pemerintah Kabupaten Sergai dengan penggunaan rumah dinas Camat Tanjungberingin.

Jamuara Sianipar (40), tokoh pemuda Tanjungberingin kepada SIB mengatakan, bangunan tersebut memiliki nilai sejarah tinggi warga Tanjungberingin yang dibangun tahun 1.883 oleh Tuanku Tengku Ismail Soeloeng Laoet, Raja Pertama Kerajaan Bedagai.

Dia juga menyayangkan rumah kebanggaan warga Kecamatan Tanjungberingin tersebut seperti diterlantarkan. Padahal jika ditempati, pelayanan kepada warga akan semakin optimal.

"Banyak hal positif bisa digunakan di bangunan tersebut, misal sebagai cagar budaya atau untuk kantor gabungan Bumdes se-Tanjungberingin," katanya.

Hal senada juga disampaikan Melda (34). Warga Dusun XI, Desa Pekan Tanjungberingin ini mengatakan jika rumah dinas tersebut bisa menjadi fasilitas yang mendekatkan warga dengan aparat pemerintahan.

"Kalau rumah dinas itu difungsikan, maka warga 24 jam bisa berkeluh kesah atau mengadu kepada camat," tutur perempuan yang sehariannya berjualan kosmetik ini.

Terpisah, Camat Tanjungberingin, Syarifuddin SE MAP saat dikonfirmasi lewat selulernya mengaku tidak menempati rumah dinas tersebut, melainkan berdomisili di Kecamatan Perbaungan. Namun, dia mengakui jika rumah dinas tersebut tetap dirawat dan saat ini difungsikan untuk kegiatan anak remaja untuk latihan menari serta penyaluran bantuan sosial tunai (BST).

"Meskipun tidak tinggal di rumah dinas, kita juga banyak menghabiskan waktu di kantor. Untuk pelayanan warga, kita siap 24 jam," ujarnya. (T06/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com