Tokoh Masyarakat St Drs MP Sianturi Doakan SIB Tetap Bersinar Mengedukasi Masyarakat


292 view
Tokoh Masyarakat St Drs MP Sianturi Doakan SIB Tetap Bersinar Mengedukasi Masyarakat
Foto: SIB/Dok
St Drs MP Sianturi
Pangkalansusu (SIB)
Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) merupakan salah satu media cetak nasional dari daerah yang hingga saat ini dinilai masih tetap eksis dalam menyuarakan persatuan dan pembangunan termasuk mengedukasi masyarakat secara khusus di Sumatetai Utara.

“Sejak harian SIB diterbitkan pada 9 Mei 1970 hingga memasuki ulang tahun emas (HUT ke-50), tepatnya 9 Mei 2020 ini, koran yang didirikan Bapak DR GM Panggaben ini tetap dicintai khalayak ramai dari berbagai kalangan masyarakat”, ujar tokoh masyakat Pangkalansusu Langkat, St Drs MP Sianturi kepada wartawan SIB, Selasa (31/3).

Ia menilai, sampai saat ini, Harian SIB adalah media terdepan di Sumatera Utara yang tetap konsisten menyuarakan persatuan. Itu dibuktikan dengan isi berita atau tulisan seperti Mimbar Agama Islam (setiap hari Jumat terbit satu halaman), Mimbar Agama Budha setiap Sabtu dan Mimbar Agama Kristen yang terbit setiap Minggu satu halaman penuh.

Selain itu, lanjutnya, koran SIB tidak pernah alpa menyuarakan berita-berita kegiatan sekolah dan pendidikan, hukum, budaya, dan lainnya dengan menyediakan satu halaman/ kolom khusus mengedukasi peserta didik dan masyarakat umumnya.
“Demi keberlangsungan media yang kita cintai ini, mari doakan dan dukung agar SIB tetap eksis ke depan. Menjadi pelanggan tetap, adalah merupakan dukungan terhadap SIB, ujar MP Sianturi.

Sebagai pembaca setia harian SIB mulai dari tahun 1971 selama belasan tahun Sianturi tinggal di Pematangsiantar, hingga kini tetap membaca SIB di usianya ke-74 tahun.

Pria kelahiran Lintongnihuta Kabupaten Humbahas 17 Agusgtus 1945 itu besar di Pematangsiantar dan kini dia tinggal menetap bersama isteri tercinta Siti Sihombing (Op Intan) di Jalan Kesatria Kelurahan Bukitjengkol Kecamatan Pangkalansusu, Langkat ini merupakan sahabat almarhum Fritz Manapar Manullang (mantan redaktur senior SIB).

"Setiap bangun pagi, kalau belum membaca berita harian SIB, selalu ada rasanya yang kurang lengkap, meski sarapan pagi berikut kopi telah dinikmati bersama keluarga," ucapnya.

Karena itu, kata dia, sudah tak terbantahkan lagi, kalau media besutan almarhum DR GM Panggabean ini disebut media pemersatu dan media yang mengedukasi masyarakat. Hal ini telah disuarakan dan dinyatakan oleh berbagai pejabat publik dari berbagai instansi yang ada khususnya di Sumatera Utara.(M25/c)


Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com