Sabtu, 20 Juli 2024

Wabup Deliserdang Minta Kejahatan Narkotika Harus Ditangani Serius

Redaksi - Selasa, 27 Juni 2023 14:32 WIB
156 view
Wabup Deliserdang Minta Kejahatan Narkotika Harus Ditangani Serius
Foto dok/Diskominfo Deliserdang
SERTIFIKAT: Wabup Deliserdang HMA Yusuf Siregar memberikan sertifikat penghargaan kepada Kadisdik Yudi Hilmawan dan Kepala Bapenda Hendra Wijaya pada puncak peringatan HANI di Lubukpakam, Senin (26/6).
Lubukpakam (SIB)
Wakil Bupati (Wabup) Deliserdang, HMA Yusuf Siregar mengatakan kejahatan narkotika merupakan kejahatan luar biasa, yang terorganisir dan meresahkan serta menjadi musuh seluruh masyarakat di dunia. Karena akan melahirkan kejahatan lain, seperti terorisme, perdagangan orang dan lainya.

"Persoalan itu harus diatasi secara serius karena dapat melumpuhkan kekuatan bangsa, sehingga harus diberantas dan ditangani," kata Yusuf pada Puncak Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2023 di Kantor Bupati, Lubukpakam, Senin (26/6).

Di tempat yang sama, perwakilan Badan Nasional Narkotika (BNN) Deliserdang, Agus Ranida SH, menjabarkan ada empat strategi percepatan pemberantasan narkoba. Pertama, melalui strategi soft power approach, yaitu mengintensifkan aktivitas pencegahan agar masyarakat memiliki ketahanan diri dan daya tangkal yang kuat terhadap penyalahgunaan narkotika.

"Selain itu juga dilakukan upaya rehabilitasi bagi para pecandu dan penyalahguna narkotika yang lebih mengedepankan adanya intervensi di lingkungan komunitas masyarakat itu sendiri yang dikenal dengan intervensi berbasis masyarakat (IBM)," sebut Agus Ranida.

Kedua, melalui strategi hard power approach, yakni memfokuskan pada aspek penegakan hukum yang tegas dan terukur dalam menangani sindikat narkotika serta berkelanjutan dengan pola pengawasan terpada pada lembaga penegak hukum terkait.

Ketiga, smart power approach, yaitu dengan pemanfaatan teknologi informasi di era digital secara maksimal dalam upaya penanggulangan permasalahan narkotika dengan membangun sistem aplikasi pengawasan melekat dalam setiap perkembangan penanganan kasus dari tahap pertahap.

Terakhir adalah cooperation approach dan sinergitas secara menyeluruh. "BNN terus aktif melakukan advokasi, membangun komunikasi dan komitmen bersama untuk bersinergi dengan seluruh elemen bangsa guna memperkuat barisan, menjalin kerjasama, koordinasi dan kolaborasi yang terpola dengan seluruh instansi, lembaga dan komponen masyarakat dalam upaya P4GN.(C2/d)





Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Putra Mantan Wabup Deliserdang Darwin Sembiring Daftar ke PDIP
Dua Anggota F-PKS DPRD Deliserdang Dilantik
Pemkab Deliserdang Kaji Kelola Parkir Tepi Jalan
Keberhasilan Akuntabilitas Instansi dan Reformasi Birokrasi Ditentukan Komitmen Pemda
Wabup Deliserdang Ajak Lestarikan Pagelaran Wayang Kulit dan Ketoprak Dor
Wabup Deliserdang Beri Apresiasi Peraih Medali ASEAN Paragames Kamboja
komentar
beritaTerbaru