Wakil Ketua DPRD SU Ingatkan BUMD dan BUMN di Sumut Bantu UKM Hadapi Covid-19


211 view
Foto SIB/Firdaus Peranginangin
KUNJUNGAN: Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani didampingi Ketua, Bendahara dan anggota Fraksi NasDem Tuahman Purba, Rony Reynaldo Situmorang SH dan Parsaulian Tambunan saat menerima kunjungan Ketua DPW UKM IKM Nusantara Sumut Binsar M Simatupang SE MM didampingi Wakil Ketua Rita Situmeang, SH, Wakil Sekretaris Dewi Handayani, Bendahara Iswarni SH dan Rohayati, Rabu sore (20/1) di DPRD Sumut.
Medan (SIB)
Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani mengingatkan BUMD dan BUMN yang beroperasi di daerah ini untuk segera membantu UKM (Usaha Kecil Menengah) yang semakin "tersungkur" diterpa pandemi Covid-19, demi penyelamatan industri masyarakat tersebut.

Hal itu diungkapkan Rahmansyah Sibarani didampingi Ketua, Bendahara dan anggota Fraksi NasDem DPRD Sumut Tuahman Purba, Rony Reynaldo Situmorang SH dan Parsaulian Tambunan saat menerima kunjungan Ketua DPW UKM IKM (Industri Kecil Menengah) Nusantara Sumut Binsar M Simatupang SE MM, Wakil Ketua Rita Situmeang, SH, Wakil Sekretaris Dewi Handayani, Bendahara Iswarni SH dan Rohayati, Rabu sore (20/1) di DPRD Sumut

"Perusahaan BUMD dan BUMN ini sebaiknya segera memberi bantuan, apakah berupa KUR (Kredit Usaha Rakyat) maupun dana CSR kepada UKM yang saat ini berjuang mempertahankan usahanya dalam situasi pandemi Covid-19," ujar Rahmansyah.

Ditambahkan politisi muda ini, sudah dua kali fase terjadi penderitaan pelaku UKM, yakni krisis ekonomi dan Covid-19. Walaupun pelaku UKM masih dapat bertahan secara "ngos-ngosan", tentu diharapkan peran UKM IKM Nusantara bisa menjangkau seluruh UKM di Sumut, agar bantuan lebih mudah disalurkan.

"Kita dari Fraksi NasDem akan berusaha agar porsi bantuan untuk UKM dapat lebih diperbesar dialokasikan di APBD Sumut TA 2022," tegas Rahmansyah sembari meminta DPW UKM IKM Nusantara Sumut terus berkordinasi dengan seluruh UKM, untuk mendukung program Gubernur Sumut yang menjadikan "Sumut Bermartabat".

Sementara itu, Ketua DPW UKM IKM Sumut Binsar M Simatupang mengatakan, organisasi yang mendapat mandat 22 Oktober 2020 lalu sudah melakukan serangkaian kegiatan, termasuk pelatihan bagi peningkatan UKM sekaligus berkolaborasi dengan berbagai pihak "menggairahkan" keberlangsungan UKM. .

"Kita ini bebas dari kegiatan politik, tapi fokus kepada peningkatan UKM di Sumut. Dalam hal ini kita juga sudah melakukan kunjungan ke sejumlah bank dan pada Februari 2021 nanti, akan melakukan rencana kerja-sama bisnis dengan PT Bank Sumut," katanya.

Selain itu, tambah Binsar, pihaknya juga sudah membantu 277 UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang ada di Sumut serta melakukan kerja sama dengan Dinas Koperasi Sumut terkait pengeluaran izin usaha yang akan digeluti UKM IKM Nusantara sebanyak 17 bidang usaha.

"Anggota UKM IKM Nusantara yang seluruhnya pelaku UKM, siap berdayakan ekonomi masyarakat," katanya seraya menambahkan, saat ini UKM IKM Nusantara sudah terbentuk 23 cabang di 23 kabupaten/kota, kecuali Medan yang belum terbentuk. Direncanakan seluruh pengurus dilantik pada bulan April 2021. (M03/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com