Wali Kota Medan Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Rektor USU


148 view
Foto: Dok/Diskominfo Medan
NOTA KESEPAHAMAN: Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution SE MM dan Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos MSi menandatangani nota kesepahaman di Ruang Rektor Gedung Rektorat USU, Kamis (1/4).
Medan (SIB)
Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution SE MM dan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin SSos MSi menandatangani nota kesepahaman di Ruang Rektor, Gedung Rektorat USU, Kamis (1/4). Nota kesepahaman yang dituangkan dalam perjanjian kerjasama itu dibuat untuk meningkatkan hubungan antara Pemko Medan dan USU, dalam melaksanakan kegiatan di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan lain-lain.

Selain nota kesepahaman itu, Pemko melalui RSUD dr Pirngadi Kota Medan juga menjalin kerjasama dengan Fakultas Kedokteran USU, terkait pelaksanaan pendidikan profesi bagi peserta program pendidikan dokter spesialis dan peserta program pendidikan profesi dokter Fakultas Kedokteran USU. Penanda-tanganan kerjasama itu dilakukan Dirut RSUD dr Pirngadi dr Suryadi Panjaitan MKes dengan Dekan Fakultas Kedokteran USU Prof Dr dr Aldy Safruddin Rambe di RSUD dr Pirngadi Medan.

Pada kesempatan itu, wali kota mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kerjasama yang terjalin antara Pemko Medan dan USU tersebut, karena dianggap sebagai langkah baik dalam menjalin sinergis yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Dengan adanya nota kesepahaman ini, Pemko Medan dan USU dapat bersinergi dan saling bantu, untuk kesejahteraan masyarakat. Semoga kerja-sama ini juga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Medan," ujarnya.

Dijelaskan, perencanaan pembangunan ke depan harus mempunyai landasan yang lebih jelas. Untuk itu, diperlukan jalinan kerjasama yang sinergis antara Bappeda Medan dengan USU agar harapan tersebut bisa tercapai. Menurutnya, kerjasama yang selama ini sempat vakum harus dievaluasi untuk dihidupkan kembali.

“Kerjasama ini harus memberi efek positif, terhadap kenaikan kinerja dan pendapatan asli daerah. Dengan adanya dukungan dari USU ini, tentu harus tercipta hasil kerja yang lebih baik lagi nantinya. Saya harap, kesepahaman ini segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama yang lebih rinci," tegasnya.

Sementara Rektor USU Muryanto Amin juga mengapresiasi terjalinnya nota kesepahaman yang akan dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama itu. Dalam kurun waktu beberapa bulan ini, ungkapnya, dirinya bersama wali kota juga telah membahas dan membuat kajian tentang pengelolaan sampah terpadu dan pemanfaatan aset-aset di Kota Medan. Diharapkan, hasil kajian itu dapat menjadi dokumen untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan di Kota Medan.

Di bidang pendidikan, katanya, USU juga memiliki program "Kampus Mengajar" yang dilakukan dengan menerjunkan mahasiswa dan dosen USU ke SD maupun SMP di Medan untuk mengaktifkan konten lokal, agar para siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang kondisi sosial budaya serta memahami program prioritas pembangunan Kota Medan. Muryanto juga menyambut positif terkait ajakan kerjasama untuk menerima juara MTQ Kota Medan menjadi mahasiswa melalui jalur undangan khusus.

"Hubungan kerjasama ini merupakan bentuk tanggung-jawab universitas kepada lingkungan sekitar. Semoga kerjasama ini dapat membawa berkah bagi semua pihak, membawa kemajuan bagi Pemko Medan dan bermanfaat untuk masyarakat, serta membawa Medan dan USU menjadi kebanggaan di Sumut.

Diketahui, turut hadir dalam kegiatan penandatanganan nota kesepahaman itu, Kadis Pendidikan Adlan SPd MM, Dirut RS Pirngadi Dr Suryadi Panjaitan. MKes, Plt Kabag Agama Khoirudin Rangkuti dan Plt Kabag Hakda Zainul Ahmaddin. Dalam acara itu juga dilakukan kegiatan saling memberikan cinderamata antara Wali Kota Medan dengan Rektor USU. (Rel/A16/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com