Wali Kota Pimpin Apel Siaga Bencana Alam Antisipasi Fenomena La Lina di Tebingtinggi


212 view
Wali Kota Pimpin Apel Siaga Bencana Alam Antisipasi Fenomena La Lina di Tebingtinggi
Foto SIB/Japet Arki Bangun
APEL SIAGA: Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan saat mimpin apel siaga penanggulangan bencana alam di halaman Mako Polres Tebingtinggi, Jalan Pahlawan, Senin (9/11). 
Tebingtinggi (SIB)
Dalam rangka mengantisipasi dampak yang bisa ditimbulkan akibat fenomena La Nina, Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan memimpin apel siaga penanggulangan bencana alam di Mako Polres Tebingtinggi, Jalan Pahlawan, Senin (9/11).

Turut hadir Kapolres Tebingtinggi AKBP James P Hutagaol, PJU Polres, Kadis PUPR, Rusmiyati Harahap, Kadis Kesehatan, Nanang Fitra Aulia, Kadis Perhubungan, Syaprin Efendi Harahap, Kepala BPBD, Wahid Sitorus, Sekretaris Satpol PP, YB Hutapea, perwakilan Danramil 13TT.

Usai Apel, Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan, saat ini di Indonesia telah terjadi perubahan iklim yang cukup cepat atau disebut La Nina.

"La Nina perlu diwaspadai karena bisa mengakibatkan banjir dan tanah longsor serta kemungkinan letusan gunung berapi akibat pergeseran lempeng - lempeng bumi yang ada di tanah air kita," ucapnya.

Lanjutnya, untuk Tebingtinggi diprediksi rawan banjir, yang bisa mengakibatkan pergeseran tanah (longsor) sehingga bangunan di pinggir sungai longsor masuk ke dalam sungai.

"Tebingtinggi dilintasi 5 sungai besar, sehingga harus diantisipasi sejak dini," kata Umar.
Selain banjir, Wali Kota juga mengatakan, Pemko Tebingtinggi juga mengantisipasi terjadinya erupsi Gunung Sinabung, karena bisa saja debu, material vulkanik sampai ke Tebingtinggi.

"Walau jarak Gunung Sinabung jauh, kita harus diwaspadai," ujarnya.
Semua harus diwaspadai dan perlu mengamati semua fenomena alam, karena ini tanggung jawab kita bersama, jelasnya. (T02/a)

Penulis
: Redaksi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com