Wali Kota Tebingtinggi Bantu Warga Korban Puting Beliung


375 view
Wali Kota Tebingtinggi Bantu Warga Korban Puting Beliung
Foto Doc / Dinas Kominfo
SERAHKAN BANTUAN : Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan didampingi anggota DPRD, Muhammad Hazly Azhari Hasibuan saat menyerahkan bantuan terhadap warga yang terkena angin puting beliung, Kamis (14/1).

Tebingtinggi (SIB)

Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan didampingi anggota DPRD dari Partai Gerindra Muhammad Hazly Azhari Hasibuan, Kadis Kominfo Tebingtinggi, Dedi P Siagian, Kepala BPBD, Wahid Sitorus, dan Camat Rambutan, Marwansyah Harahap, Kapolsek Rambutan AKP H Samosir, memberikan bantuan kepada korban bencana alam angin puting beliung di Kelurahan Tanjung Marulak, Kecamatan Rambutan, Kamis (14/1).

Sebagai informasi, sebanyak 15 rumah di Kelurahan Tanjung Marulak, Kecamatan Rambutan yang terkena angin puting beliung, Rabu (13/1) malam dan tidak ada korban jiwa.

Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan, atas terjadinya bencana alam angin puting beliung yang menimpa rumah warga, Pemko Tebingtinggi ikut prihatin.

"Mari kita berdoa kepada Tuhan agar tidak terjadi bencana lagi, dan bagi warga sekitar diharapkan bergotong royong untuk membantu korban bencana," kata Umar.

Menurut Umar, bencana angin puting beliung ini menjadi perhatian kita dalam membangun kontruksi rumah, karena jenis bangunan rumah itu bermacam-macam.

"Kontruksi membangun rumah harus memenuhi syarat agar tahan, apabila bangunan memenuhi syarat bagian atas ringan, maka bangunan tersebut tidak akan ambruk," jelasnya.

Lanjutnya, Tebingtinggi merupakan masuk daerah rawan bencana, seperti bencana banjir, angin puting beliung dan kebakaran, maka dari itu, masyarakat harus hati hati dalam menghadapi bencana ini, paling tidak harus sigap dalam menghadapi bencana alam ini.

Sedangkan untuk bantuan kepada korban bencana angin puting beliung ini, Pemko Tebingtinggi melalui BPBD memberikan bantuan sembako dan uang tunia Rp 1 juta kepada warga yang kondisi rumahnya rusak paran.

"Bantuan sembako kita berikan, sedangkan bantuan uang tunai, kami berikan untuk upah tukang dan membeli bahan material bangunan sesuai dengan kerusakan rumah dan mudah-mudahan bantuan ini bisa dipergunakan dengan sebaik baiknya," terangnya.

Camat Rambutan, Marwansyah Harapap dalam laporan mengatakan bencana angin puting beliung yang merusak rumah warga sebanyak 15 unit di Jalan Papandayan, Kompleks BP7, Kelurahan Tanjung Marulak, Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi tingkat kerusakannya tidak sama, ada yang rusaknya parah dan sedang.

Salah seorang korban, Jhon Athur mengatakan, kejadian kemarin sore begitu cepat, sebelum turun hujan deras, ada seperti gumpalan awan hitam berputar di lokasi kejadian, sekira dua menit, putaran angin semangkin kencang dan menerbangkan atap rumah hingga puluhan meter tercampak.

"Kencang angin mirip putaran yang berputar-putar diatas bagian rumah kami, dengan sekejap, langsung atap rumah berterbangan, sehingga tampak hanya rangka bangunan," jelasnya.

Terkait kunjungan Wali Kota Tebingtinggi, Jhon Athur mewakili korban mengucapkan rasa terima kasih, dengan adanya wujud kepedulian Pemko Tebingtinggi, beban korban bencana alam angin puting beliung bisa berkurang. (T02/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com