Wali Kota Umar: Ikon Tebingtinggi Sebagai Kota Lemang Harus Dilestarikan


330 view
Wali Kota Umar: Ikon Tebingtinggi Sebagai Kota Lemang Harus Dilestarikan
(Foto: Dok/Kominfo)
LEMANG : Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan saat menikmati lemang di peresmian secara simbolis lokasi wisata lemang, Kamis (28/1). 
Tebingtinggi (SIB)
Wali Kota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM mengatakan, ikon Tebingtinggi sebagai kota lemang harus dipertahankan dan dilestarikan. Untuk itu dibutuhkan kreativitas dan inovasi yang baru, untuk menarik minat pembeli

Hal itu disampaikan Wali Kota saat peresmian secara simbolis lokasi wisata lemang Tebingtinggi, hasil Lembaga Pengabdian/Pelayanan Kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara ( LPPM-USU), Kamis (28/1), di Gedung Balai Kartini Jalan Gunung Louser.

“Lokasi wisata kuliner lemang, nantinya akan kita pusatkan di Terminal Bandar Kajum Tebingtinggi,” ujar Umar
Memurut Umar, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menumbuhkan kreatifitas pengusaha lemang di Kota Tebingtinggi. Lemang ini bukan hanya menyangkut masalah produksi saja, tetapi kemasannya, mutu dan rasa serta pemasarannya harus juga diperhatikan.

"Lemang ini nantinya akan kita masukkan ke restoran-restoran atau kafe sebagai menu pembuka atau penutup hidangan. Sehingga kuliner lemang memang mencari ciri khas Kota Tebingtinggi," kata Wali Kota.

Dijelaskan Umar, nantinya akan kita buat standar lemang dalam bentuk ukuran maupun rasa baik melalui olahan tradisional maupun melalui teknologi. Namun lemang tradisional perlu juga dilestarikan agar konsumen tahu perbandingan rasa lemang tradisional dan lemang modren.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Tebingtinggi Basyaruddin Nasution dalam sambutannya mengatakan, kita bersyukur sebagai warga Kota Tebingtinggi bisa merasakan makanan lemang setiap hari. Apalagi lemang ini banyak rasa dan varian serta modifikasi yang menggugah selera.

"Kalau dulu di luar Kota Tebingtinggi tepatnya di kampung, kita bisa merasakan lemang hanya 1 kali setahun, itu pun saat lembaran saja dan dengan rasa yang sama. Alhamdulillah hari ini kita bisa makan lemang dengan aneka ragam varian rasa. Semoga hal ini bisa meningkatkan ekonomi Kota Tebingtinggi," harap Ketua DPRD.

Kegiatan juga dirangkai penyerahan hadiah dan sertifikat lomba Kampung Tangguh 2020, Desain Motif Batik dan Inivasi TTG 2020. Hadir dalam acara tersebut, Sekda Muhammad Dimiyathi, Ketua Tim LPPM USU Dr Achmad Delianur Nasution, para OPD Pemko Tebingtinggi. (BR3/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com