Jumat, 24 Mei 2024 WIB

Warga Masih Kesulitan Mendapatkan Air Bersih, Distribusi Air PDAM Tirtanadi Menetes-netes

Redaksi - Selasa, 23 Mei 2023 17:42 WIB
222 view
Warga Masih Kesulitan Mendapatkan Air Bersih, Distribusi Air PDAM Tirtanadi Menetes-netes
(Foto SIB/Dok Sekretariat DPRD Medan)
FOTO BERSAMA: Anggota DPRD Medan Paul MA Simanjuntak foto bersama warga ketika melaksanakan reses II tahun 2023, Kamis (18/5) di Wisma Mahinna Center jalan Rela, Kecamatan Medan Tembung. 
Medan (SIB)
Persoalan air bersih masih menjadi keluhan warga yang disampaikan pada reses II tahun 2023 anggota DPRD Medan Dapil Medan III Paul MA Simanjuntak SH, Kamis (18/5) di Wisma Mahinna Center jalan Rela, Kecamatan Medan Tembung. Sehingga setiap bulannya warga sebagai pelanggan air membayar air kotor dan macet kepada PDAM Tirtanadi.
Persoalan tersebut disampaikan warga yang bermukim di sepanjang Jalan Rela dan sekitarnya, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Medan Tembung. Mereka mengalami krisis air bersih dan distribusi air oleh Perumda Tirtanadi Sumut kerap macet.
Untuk itulah, warga minta Pemko Medan memberikan solusi agar warga mendapat air bersih untuk kebutuhan sehari hari. Merekapun menyampaikannya kepada anggota DPRD Medan Paul Simanjuntak yang sedang melaksanakan reses pribadinya.
”Kami kesulitan mendapatkan air bersih dalam satu tahun terakhir ini. Distribusi air oleh PDAM (Red-Perumda Tirtanadi) selalu macet sering menetes-netes. Itu pun kualitasnya kotor,” keluh AT Siahaan yang juga Ketua STM Saoloan pada sesi tanya jawab di reses tersebut.
Menuru AT Siahaan, untuk saat ini kapan saja warga sangat sulit mendapatkan air. “Pipa Tirtanadi hanya berisi angin, kalau pun pakai mesin pengisap air yang keluar hanya angin. Kami minta Pemko Medan memperhatikan nasib kami. Sepertinya pihak Tirtanadi tidak sanggup lagi memenuhi kebutuhan kami,” terang AT Siahaan yang diamini ratusan warga Jl Rela yang hadir.
Persoalan lain adalah masalah banjir yang disampaikan Charles Sitompul warga Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Timur. Akibat perluasan pembangunan jalan tol Medan- Binjai, terjadi pembetonan sehingga menyulitkan pembuangan air yang akhirnya menggenangi jalan dan pemukiman.
Meski persoalan tersebut merupakan gawean pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, tapi Paul Simanjuntak mencoba mentabulasi setiap persoalan yang dikeluhkan masyarakat. Terkait banjir di kawasan jalan tol Tanjung Mulia, Paul akan mencoba turun ke lokasi dan mendiskusikannya kepada anggota Fraksi PDIP DPRD Sumut untuk dikordinasikan dengan DPR RI agar bisa diteruskan kepada Kementerian terkait.
Terkait air bersih yang dikelola Perumda Pemrov Sumut yakni PDAM Tirtanadi, Paul juga akan mengkordinasikannya dengan Fraksi PDIP DPRD Sumut. Namun dia juga akan berkordinasi dengan Dinas Perkim Pemko Medan agar bisa membangun sumur bor untuk suplai air bersih bagi warga. (A5/c)




Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Komfercab DPC GAMKI Labusel, Zeirlinto Simanjuntak Terpilih Secara Aklamasi
Mengejutkan! Ribuan Karyawan TikTok akan di-PHK
Bank Sumut Luncurkan Program GeTaPin
Bus Bintang Utara Laga Kambing di Jalinsum Bunut, 2 Tewas
Perayaan Waisak, Polres Belawan Laksanakan Patroli Pengamanan Vihara
Pengacara Kondang Kamaruddin Simanjuntak Cerita Carut Marut Penegakan Hukum
komentar
beritaTerbaru