Refleksi Akhir Tahun

Wong Chun Sen, Kritisi Masalah Kesehatan dan Administrasi Kependudukan


359 view
Wong Chun Sen, Kritisi Masalah Kesehatan dan Administrasi Kependudukan
Foto Dok/Wong Chun Sen
Wong Chun Sen
Medan (SIB)
Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Medan Wong Chun Sen mengatakan, pandemi Covid-19 telah membawa dampak luar biasa terhadap berbagai sendi kehidupan, terutama terhadap sektor perekonomian masyarakat di Kota Medan.

"Sepanjang 2020, ada beberapa hal menjadi perhatian khusus, terutama saat melaksanakan sosialisasi Perda dan reses. Akibat Covid, beberapa perusahaan melakukan perampingan, usaha mikro kecil dan menengah banyak gulung tikar karena tak ada pembeli,” kata Wong Chun Sen dalam refleksi akhir tahun yang diungkapkannya kepada wartawan, Senin (28/12).

Tapi kata dia, dengan adanya bantuan dan perhatian pemerintah, masyarakat banyak terbantu. Terutama yang benar-benar membutuhkan bantuan. Dari hasil sosialisasi dan reses yang dilakukan khusus di Dapil 3 (Medan Timur, Medan Perjuangan dan Medan Tembung), Wong Chun Sen melihat banyak yang perlu dibenahi di tiga kecamatan tersebut, khususnya masalah kesehatan dan kemiskinan.

Persoalan lain yang mengemuka adalah, kurang seriusnya Pemko memberikan pelayanan administrasi kependudukan seperti KTP dan KK. Padahal KTP menjadi pintu gerbang mendapatkan layanan kesehatan dan mendapatkan bantuan dari pemerintah.
“Padahal, administrasi kependudukan adalah persoalan sederhana, tapi kenyataannya sulit bagi masyarakat mendapatkannya. Akibatnya, banyak masyarakat mengeluh karena tidak bisa dilayani dalam mengurus BPJS Kesehatan atau program bantuan lainnya.

"Persoalan administrasi kependudukan, kesehatan dan kemiskinan perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah. Kita harapkan, di 2021 ini tidak terjadi lagi, jangan ada lagi alasan stok blanko KTP dan KK sudah habis. Karena, KTP, KK dan BPJS Kesehatan adalah satu kesatuan yang melekat pada diri setiap orang. Kalau itu tidak ada, warga bisa “lumpuh”, tanpa itu, mereka tidak bisa berurusan apa-apa, termasuk urusan kesehatan, bantuan sosial dan perbankan,” tuturnya. (M10/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com