Wujudkan Penegakan Hukum yang Presisi, Kapolres Sergai Gelar Rakor CJS


69 view
Foto SIB/Bonny Sembiring
RAKOR CJS : Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang didampingi Wakil Ketua PN Seirampah Zulfikar Saragih, Kasi Pidum Kajari Sergai Jenda Riahta Silaban, Kabag Hukum Pemkab Sergai Basyaruddin unsur lainnya foto bersama usai melaksanakan Rakor CJS di aula Patriatama Mapolres Sergai, Rabu (7/4).
Sergai (SIB)
Kapolres Serdangbedagai (Sergai) AKBP Robin Simatupang bersama instansi hukum terkait menggelar Rapat Koordinasi Crime Justice System (Rakor CJS), di aula Patriatama Mapolres Sergai, Rabu (7/4).

"Rapat sinergitas yang melibatkan para aparat penegak hukum (APH) ini untuk mewujudkan penegakan hukum yang prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan (Presisi)," ujar Robin Simatupang didampingi Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Seirampah Zulfikar Saragih, Kasi Pidum Kajari Sergai Jenda Riahta Silaban, Kabag Hukum Pemkab Sergai Basyaruddin dan unsur lainnya ketika diwawancarai SIB, usai Rakor tersebut.

Lebih lanjut Robin Simatupang menyatakan bahwa Polri, Kejaksaan, Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Agama (PA), Lapas dan BPN merupakan lembaga hukum yang sah untuk menangani setiap perkara di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Maka dari itu, di kesempatan ini kita telah berdiskusi supaya setiap permasalahan yang ada dapat menciptakan inovasi yang lebih baik lagi bagi seluruh APH," ucap Robin.

Robin juga mengungkapkan saat ini keberadaan tahanan, khususnya di Polres Sergai menjadi persoalan serius yang perlu diperhatikan secara bersama-sama. Hal itu dikarenakan RTP Polres diketahui memiliki ruang tahanan yang terbatas, namun jumlah tahanan membludak.

"Ke depan, kita akan lebih meningkatkan kerjasama sekaitan penanganan tahanan dimaksud," ungkapnya.

Sementara itu, Jenda Riahta Silaban kepada wartawan mengatakan, melalui Rakor ini segenap APH telah memunculkan gagasan baru terkait penanganan kasus tindak pidana.

"Mudah-mudahan, kebijakan dari pihak Lapas tadi bisa mempermudah kita (kejaksaan) untuk mengirim para tahanan ke Lapas," harapnya.

Sedangkan, Wakil Ketua PN Seirampah Zulfikar Saragih menyampaikan terimakasih ke pihak kepolisian karena telah membuat Rakor CJS yang dinilai bermanfaat bagi segenap APH untuk penanganan tindak pidana di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

"Kami sangat berterimakasih kepada pihak kepolisian, karena selama ini sudah banyak membantu PN Seirampah dalam setiap proses persidangan," katanya sembari menambahkan, semoga kerjasama antar instansi hukum ini dapat lebih ditingkatkan secara optimal. (C4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com