Menag Pastikan Semua Calon Haji Dapat Vaksin Covid-19


109 view
(Foto: Beritasatu Photo/Amrozi Amenan)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan Rektor UINSA Sunan Ampel Masdar Hilmy saat peringatan 50 tahun Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) di Surabaya, Jumat, 26 Maret 2021 
Surabaya (SIB)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan semua calon jamaah haji akan menerima suntikan vaksin Covid-19. Itu pun jika pemerintah Arab Saudi membuka pintu ibadah haji tahun ini.

Dia mengakui hingga saat ini, Kemenag masih menunggu keputusan dari Arab Saudi terkait gelaran ibadah haji 2021. "Kami sudah bicara dan bersurat kepada Menteri Kesehatan dan Insya Allah semua calon jamaah haji yang berangkat, jika pelaksanaan ibadah haji dibuka, dipastikan semua sudah divaksinasi," kata Yaqut di Surabaya, Jumat (26/3).

Gus Yaqut kembali memastikan, calon jamaah haji yang disuntik vaksin Covid-19 nantinya bukan hanya yang masuk kategori lanjut usia (lansia). Namun, juga calon jamaah haji yang usianya masih muda.

Ia memastikan, itu sebagai upaya pemerintah yang ingin melindungi setiap calon jamaah haji yang berangkat. Gus Yaqut juga menegaskan, vaksinasi Covid-19 untuk calon jamaah haji nantinya akan diberikan secara gratis.

Untuk itu, ia akan segera berhitung dengan DPR mengenai pembiayaan agar jamaah haji tidak diberatkan. "Kami belum berhitung dengan DPR. Itukan (soal pembiayaan) harus berhitung dengan DPR, apakah ditambah atau tidak. Kalau toh ditambah, kami punya dana manfaat yang dikelola BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji)," ujarnya.

Gus Yaqut mengaku, Kemenag terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Pemerintah Arab Saudi diakuinya telah membuka kemungkinan ibadah haji bisa digelar tahun ini. Syaratnya agar setiap jamaah yang diberangkatkan telah divaksinasi Covid-19.

"Vaksinasi dilakukan secepatnya. Target pada akhir Mei semua calon jamaah haji sudah divaksinasi," kata Yaqut. (NU Online/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com