Pandemi, Pawai Ta'aruf dan Pameran MTQ Nasional Ditiadakan


144 view
Internet
MTQ nasional - ilustrasi
Jakarta (SIB)
Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII akan digelar 12 - 21 November 2020 di Sumatera Barat. Helat akbar ini diperkirakan berlangsung masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Juraidi mengatakan, panitia telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi agar MTQ Nasional tetap berjalan dengan baik, salah satunya mencegah terjadinya kerumunan.

"Panitia akan meniadakan dua agenda rangkaian penyelenggaraan MTQ Nasional, yaitu: pawai ta'aruf dan pameran (bazar) dengan pertimbangan dapat mengundang kerumunan masa," terang Juraidi di Jakarta, Jumat (9/10).

"Panitia juga akan membatasi jumlah penonton pada majelis-majelis musabaqah (lokasi perlombaan)," sambungnya.
Gelaran Nasional ke-28 ini mengangkat tema “MTQ Mewujudkan SDM yang Unggul, Profesional, dan Qur'ani menuju Indonesia Maju”. Pembukaan dijadwalkan pada 13 November di Stadion Di Nagari Sikabu Padang Pariaman. Penutupan pada 20 November di Masjid Raya Sumatera Barat.

Juraidi memastikan gelaran MTQ Nasional akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, bahkan sejak keberangkatan peserta dari daerahnya masing-masing.

“Semua kafilah wajib melakukan tes swab. Setiap venue akan dijaga ketat oleh petugas untuk memastikan dipatuhinya protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19,” tegas Juraidi. (Kemenag/c)
Penulis
: Redaksi