Cetak Sejarah, Timnas 3x3 Putri Ikuti Kualifikasi Olimpiade Tokyo


71 view
Foto Istimewa
Timnas 3x3 Putri mengukir sejarah karena untuk kali pertamanya mengikuti kualifikasi Olimpiade Tokyo 2021 yang akan dilaksanakan di Graz, Austria, pada 24-30 Mei mendatang.
Jakarta (SIB)
Timnas 3x3 Putri mengukir sejarah karena untuk kali pertamanya mengikuti kualifikasi Olimpiade Tokyo 2021 yang akan dilaksanakan di Graz, Austria, pada 24-30 Mei mendatang.

"Ini momen berharga bagi Perbasi juga pecinta basket Indonesia. Untuk kali pertama dalam sejarah, Indonesia ikut ambil bagian pada kualifikasi Olimpiade untuk FIBA 3x3. Kami akan persiapkan tim sebaik mungkin agar bisa tampil maksimal di Austria nanti," kata Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (7/4).

Pada ajang tersebut, Indonesia berada di Pool A bersama Prancis, Amerika Serikat, Jerman dan Uruguay. Para pemain dan ofisial yang dipercaya membawa nama Indonesia sudah berkumpul di GOR Cahaya Lestari Surabaya sejak Minggu (4/4) lalu, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, ia menuturkan dalam persiapan di masa pandemi hanya memanggil dua ofisial perempuan, yakni Pelatih July dan Sherly Humardhani selaku "team delegate". Kemudian susunan pemainnya, yaitu Dewa Ayu Made Sriartha, Dah Lestari, Nathania Claresta Oriville, Lea Elvensia Wolobubo Kahol, Henny Sutjiono dan Gabriel Sophia.

Menurut Christopher, kebijakan tersebut diambil, selain untuk efisiensi, juga untuk menyesuaikan regulasi yang sangat terbatas, mengingat pelaksanaan kualifikasi nantinya ditempatkan di satu tempat tertutup. "Dalam daftar nama, kami tidak sertakan pemain naturalisasi karena memang menyesuaikan kualifikasi FIBA untuk penilaian poin pemain di 3x3 ini.

Sementara pemain naturalisasi yang ada itu kan baru," ujar Christopher.

Belum lama ini, timnas putri mendapatkan suntikan pemain naturalisasi dari Kanada bernama Peyton Alexis Whitted.
Christopher mengatakan pemain naturalisasi itu kemungkinan baru bisa masuk menjadi bagian timnas pada SEA Games Vietnam nanti, tetapi masih harus melihat regulasi yang diterbitkan negara penyelenggara terlebih dahulu. (Ant/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com