GP Australia dan China Ditunda, Bahrain Jadi Seri Pembuka F1


84 view
AP Photo
Formula 1 GP Styria 2020 
London (SIB)
F1 2021 kembali mengalami perubahan jadwal. Setelah Australia dan China ditunda, GP Bahrain bakal jadi seri pembuka tahun ini. F1 biasanya selalu dibuka di Australia sesuai tradisi yang ada. Tapi, pandemi virus corona sudah bikin berantakan kebiasaan itu sejak musim lalu, ketika F1 baru dimulai pertengahan tahun di Eropa.

Untuk dua musim beruntun, Australia takkan jadi seri pembuka karena adanya aturan larangan bagi pendatang ke negara tersebut. Alhasil, balapan di sirkuit Albert Park, Melbourne, diundur ke 21 November dari seharusnya 21 Maret.

Sementara bukan cuma Australia, tapi juga ada China yang mengundurkan balapan F1 yang seharusnya dihelat 11 April. Juss Event selaku promotor balapan di Shangha, China, meminta F1 untuk mencari tanggal baru.

Alasannya pun sama, karena adanya larangan terbang ke negara itu demi menekan penyebaran Covid-19. Oleh karenanya, F1 langsung mengubah lagi kalender balapan musim ini.

Diputuskan, Selasa (12/1) sore WIB, GP Bahrain pada 28 Maret akan jadi seri pembuka yang dilanjutkan langsung ke Eropa pada 18 April di sirkuit Imola, San Marino, bertajuk GP Emilia Romagna.

Masuknya Imola dalam daftar tunggu juga karena Vietnam kembali membatalkan keikutsertaannya dalam balapan F1 tahun ini. Vietnam memang tidak ingin lagi terpapar virus corona, mengingat mereka adalah salah satu negara dengan tingkat penularan paling sedikit.

Dengan perubahan jadwal ini, maka ada satu slot kosong di tanggal 2 Mei yang kemungkinan akan diisi GP Portugal di Portimao, yang sebelumnya masuk daftar tunggu.

Perubahan lainnya adalah GP Brasil maju sepekan ke 7 November, lalu balapan perdana di GP Arab Saudi diundur ke 5 Desember, sehingga musim ini ditutup pada 12 Desember di Abu Dhabi. (Detiksport/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com