Khabib Pensiun Usai Hajar Gaethje di UFC 254

* McGregor Ucapkan Hormat

231 view
Khabib Pensiun Usai Hajar Gaethje di UFC 254
Foto Twitter @MMAFighting
HAJAR: Khabib Nurmagomedov (kanan) berusaha mengunci Justin Gaethje untuk menghajar lawannya itu pada UFC 254 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (25/10). Khabib pun memutuskan pensiun usai memenangkan pertandingan itu dengan rekor kemenangan 29-0.
Jakarta (SIB)
Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun setelah mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (25/10) dini hari WIB.

Keputusan untuk mundur diambil Khabib setelah Ia menyudahi pertarungan lewat teknik triangle choke saat ronde kedua berlangsung 1 menit 36 detik.

Khabib mengambil keputusan ini karena merasa tidak mungkin bertarung tanpa didampingi sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov. Abdulmanap meninggal dunia karena sakit jantung dan komplikasi dengan virus corona pada 3 Juli 2020.

"Ini pertarungan terakhir saya. Tidak mungkin saya datang ke sini tanpa ayah saya. Saat UFC menelpon saya bersama Justin [Gaethje], saya berbicara dengan ibu selama tiga hari. Saya berjanji padanya ini akan jadi pertarungan terakhir saya. Saya harus menepati janji saya. Ini pertarungan terakhir," ujar Khabib seusai pertandingan.

Duel Khabib vs Gaethje sendiri berjalan imbang di ronde pertama. Khabib dan Gaethje sama-sama melancarkan pukulan dan tendangan untuk menggoyahkan pertahanan masing-masing.

Namun, di ronde kedua Khabib berhasil menjatuhkan Gaethje. The Eagle kemudian melakukan kuncian yang membuat Gaethje menyerah dan ia berhasil mempertahankan gelar juara dunia kelas ringan.

Hormat McGregor
McGregor langsung memberikan komentar beberapa menit setelah Khabib menyatakan pensiun dari UFC. Dalam akun twitter miliknya, McGregor menunjukkan rasa hormat terhadap rivalnya tersebut.

"Penampilan yang bagus Khabib. Hormat dan rasa duka kembali atas kehilangan ayahmu, untukmu dan keluarga. Dengan hormat, McGregor," tulis McGregor.

Sebelumnya McGregor dan Khabib sempat terlibat dalam perselisihan yang panas jelang UFC 229 pada 2018 lalu. Saat itu McGregor memanaskan suasana pertarungan dengan mengejek Khabib dan keluarganya.

Namun, saat Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia, McGregor juga sempat menyampaikan ucapan duka cita pada Khabib lewat akun twitter miliknya.

Khabib sendiri sudah berulang kali menegaskan tidak akan melakukan rematch lawan McGregor, berapa pun besarnya uang yang ditawarkan. Khabib merasa ia sudah menang telak atas McGregor sehingga tak perlu ada pembuktian. Tak hanya itu, Khabib juga menyatakan tak mau lagi berurusan dengan orang seperti McGregor. (CNN/f)
Penulis
: Redaksi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com