PP Pertina Apresiasi Kejurda Tinju Amatir Junior Yourth di Pematangsiantar

Medan Juara Umum Boyong 15 Medali


166 view
Foto SIB/Horas Pasaribu
JUARA : Pertina Kota Medan menjadi juara umum pada Kejurda tinju amatir yang berakhir, Minggu (10/4) di sasana POM 1/1 Jalan Kartini Bawah P Siantar. Tampak foto bersama Ketua Pengkot Pertina Medan Sabam P Manalu, Ketua PP Pertina Pusat Mayjen TNI Purn Komarudin Simanjuntak, serta pengurus lainnya.
Pematangsiantar (SIB)
Ketua Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina), Mayjen (Purn) TNI Komaruddin Simanjuntak SIP MSc menghadiri penutupan Kejuaraan Daerah (Kejurda) tinju amatir yunior youth se Sumatera Utara (Sumut) tahun 2021 di Kota Pematangsiantar, Sabtu (10/4).

"Kita bangga serta mengapresiasi Ketua Pertina Sumut dan Ketua Pertina Kota Pematangsiantar yang telah menyelenggarakan Kejurda tinju amatir yunior-youth. Saya berharap pertandingan tinju seperti ini terus ditingkatkan dan berkelanjutan di daerah-daerah Sumatera Utara. Karena kegiatan ini akan menjaring generasi-generasi muda atlet tinju," ucapnya.

Sementara, Ketua Pertina Kota Pematangsiantar, Mayor CPM Binson Simbolon SH MH menyebut, Kejurda tinju amatir junior-youth Sumut telah berjalan dengan baik, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

"Kegiatan Kejurda tersebut bertujuan agar olahraga tinju di Kota Pematangsiantar kembali bangkit seperti tahun 1980-1990 an. Saat itu, Kota Pematangsiantar banyak menghasilkan petinju yang disegani. Dengan Kejurda ini akan lahir atlet tinju dari Kota Pematangsiantar yang bisa diandalkan, baik di Kejurnas maupun di tingkat internasional," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Pematangsiantar, Togar Sitorus SE MM menagatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar akan terus mendukung kegiatan olah raga, termasuk tinju. Diharapkan, melalui kegiatan-kegiatan olah raga bisa dihasilkan bibit-bibit atlet yang mampu bertarung hingga ke kancah nasional dan internasional.

Juara Umum
Kota Medan menjadi juara umum kejuaraan daerah (Kejurda) tinju amatir kategori yunior dan youth Sumatera Utara. Tim yang dibina Ketua Pengkot Pertina Kota Medan Sabam P Manalu SE PhD ini meraih 6 emas, 8 perak dan 1 perunggu. Turun dengan kekuatan 16 petinju, Pertina Medan dapat memenuhi target meraih juara umum.

Ketua Pengprov Pertina Sumut Romein Manalu mengatakan, melalui Kejurda ini, Pertina Sumut akan memberangkatkan petinjunya ke kejurnas di Parapat pada Juni.

Even lainnya, kata Romein, pada Agustus akan dilangsungkan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Bangka Belitung. Petinju yang juara pada kejurda ini akan diberangkatkan di Popnas. Di akhir Juni tahun ini Pertina Sumut juga akan mengadakan Kejurda untuk persiapan Kejurnas tinju kategori elit. “Ini adalah program Ketua umum yang begitu semangat membina tinju nasional. Sumut juga akan mempersiapkan petinjunya untuk kejurnas elit di bulan Agustus di Yogyakarta,” terangnya.

Kata Romein, petinju yang bertanding di Kejurda ini adalah gambaran bagaimana para petinju berlatih selama ini. “Siantar merupakan tuan rumah yang baik, mampu melaksanakan Kejurda dalam waktu singkat. Kami memberi SK kepanitiaan tanggal 15 maret 2021, tapi bisa dilaksanakan dengan baik tanggal 7-10 April. Bahkan Siantar sudah bisa menjadi pelaksana kejurnas. Maka motto kita hari ini, dari Siantar untuk Sumatera Utara, untuk Indonesia. Siantar bangkit ke depan dan tempat pembibitan atlet yang baik,” ungkapnya.

Sementara Ketua Harian Pertina Sumut Eddy H Sibarani mengatakan, perkembangan tinju di Sumut sudah mulai merata. "Kita bangga, setiap daerah bisa melahirkan atlet potesial, kita lihat Siantar mulai bangkit, begitu juga Binjai, Asahan dan Simalungun. Prestasi ini ke depan kita harapkan lebih menyebar lagi, semua Pengcab bisa melahirkan juara," tuturnya. (A8/D8/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com