Mobil Listrik Indonesia Ditargetkan Ikut Reli Chile - Dakkar


331 view
Mobil Listrik Indonesia Ditargetkan Ikut Reli Chile - Dakkar
SIB/Dok
Medan (SIB) -Mobil listrik Indonesia ditargetkan ikut reli Chile - Dakkar. Perhelatan balap mobil terakbar di dunia itu dilakukan 1 Januari tiap tahunnya. Indonesia ikut tahun depan.

Demikian diutarakan Direktur Promosi dan Kerja Sama Universitas Budi Luhur Sunten Manurung di jeda PLNBlitz Explore - UBL, Selasa (18/12) di SMK Teladan Tembung. Menurutnya, Indonesia bangga dengan mobil listrik tersebut karena kandungan industri nasional di atas 60 persen. "Bukan mengklaim tapi emang sudah harus disebut buatan Indonesia!" sebutnya.

Mobil listrik yang dinamai Blitz itu hasil racikan teknolog Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Sebelum berlaga di kancah internasional, diperkenalkan ke publik untuk menempuh perjalan 16 ribu Km. "Perjalanan PLN Blits Explore Indonesia memasuki kota keenam yakni Medan dengan menempuh perjalanan sejauh 3.584 Km," ujarnya didampingi Projek Leader Blits Yoga Uta Nugraha.

Menambahinya, Yoga Nugraha mengatakan, ikut reli tersebut berguru pada kejadian saat menjadi peserta reli Paris - Dakkar di mana pihaknya mulai memakai mobil listrik buatan Indonesia masih di bawah 50 persen. "Mobil listrik Blits terus uji coba tapi mobil listrik Kasuari sudah bisa jalan normal seperti biasa," tambahnya.

Ketua BPH Yayasan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro menambahkan, apa yang dilakukan tim bukan proyek ambisius tapi prestisius untuk Indonesia. "Buktinya, dalam tur panjang, crew PLN Blits Explore Indonesia dapat mengatasi semua masalah," tambahnya.

Blits didesain untuk reli antarbenua Chile - Dakkar hingga ragam hal kecil terus diamati mulai dari tubular sasis, bentuk bodi, electric motor, sampai dengan ketahan baterai. "Untuk mengikuti reli Dakkar sebagai reli paling ganas di dunia, mobil listrik Indonesia dibuat dengan spesifikasi canggih dan ketahanan yang mumpuni," tambahnya. (R10/h)
Penulis
: Admin
Editor
: Admin
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com