PSSI Bakal Kirim Timnas U-22 ke Korsel dan UAE

Natanael Siringoringo Tak Ingin Gagal Lagi


110 view
(Foto Dok/PSSI)
DIPANGGIL: Natanael Siringoringo asal Sumatera Utara yang kini bermain di klub Sulut United masuk dalam daftar 36 pemain yang dipanggil mengikuti TC persiapan SEA Games 2021. 
Jakarta (SIB)
PSSI berencana mengirimkan timnas U-22 ke Korea Selatan dan Uni Emirat Arab (UEA)untuk menjalani pemusatan latihan (TC) persiapan SEA Games 2021.

"Itu merupakan 'road map' dari pelatih Shin Tae-yong dan Direktur Teknik PSSI (Indra Sjafri)," kata pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi kepada Antara di Jakarta, Jumat (5/2) malam.

Yunus belum memberikan informasi mengenai detail rencana tersebut. Namun, sebelum TC di luar negeri, timnas U-22 akan mengikuti TC di Jakarta pada 8-28 Februari 2021.

TC diikuti oleh 36 pemain dan mereka diwajibkan membawa paspor asli dengan masa aktif minimal sampai Juli 2022.
Mengenai alasan pemilihan lokasi TC di Korea Selatan dan UAE, Indra Sjafri mengaku secara umum mempertimbangkan fasilitas dan lawan uji coba. "Kami memilih tempat TC berfasilitas bagus dan (di sana) banyak calon lawan uji coba yang berkualitas," tutur Indra.

PSSI sangat berhasrat merebut medali emas SEA Games 2021 demi mengulangi pencapaian serupa pada SEA Games 1991. Organisasi yang lahir 19 April 1930 ini sebelumnya telah menggelar TC SEA Games 2021 pada Desember 2020 di Jakarta.

Terkini, pelatih timnas Shin Tae-yong memanggil 36 pemain untuk mengikuti TC persiapan SEA Games 2021 di Jakarta pada 8-28 Februari 2021. Komposisi skuad timnas dalam TC ini adalah gabungan pemain U-19, U-22 dan senior (berusia lebih dari 22 tahun).
Para pemain U-19 yang masuk daftar adalah Pratama Arhan, Amiruddin Bagas, Braif Fatari, Irfan Jauhari, Natanael Siringoringo dan Saddam Gaffar.

Sementara pemain senior yang disertakan Shin adalah Evan Dimas, Nadeo Argawinata, Dendy Sulistyawan, Kushedya Yudo, Miftahul Hamdi, Arif Satria dan Sidik Saimima.

SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung November-Desember di Vietnam. Berdasarkan regulasi kompetisi serupa 2019, setiap tim cabang olahraga sepak bola putra wajib diperkuat pemain berusia maksimal 22 tahun (U-22) dan sebanyak-banyaknya dua pemain senior berusia di atas 22 tahun.

Natanael Siringoringo
Eks PSMS Natanael Siringoringo masuk dalam daftar 36 pemain yang dipanggil mengikuti TC persiapan SEA Games 2021. Gelandang serang klub Liga 2 Indonesia Sulut United itu tidak ingin kembali gagal menembus skuad inti seperti tahun 2019. "Saya akan melakukan yang terbaik," ujar Natanael di Medan, Sabtu (6/2).

Diakui, persaingan menuju skuad SEA Games sangat ketat, pesepak bola berusia 21 tahun itu tak kehilangan semangat. Dia justru menjadikan hal itu sebagai cambuk demi menggapai mimpinya.

"Saya harus percaya diri. Itu kuncinya. Yang penting berusaha, sisanya saya serahkan kepada Yang Maha Kuasa," tutur Natanael.
Nama Natanael Siringoringo mulai dikenal luas pada tahun 2019, saat memperkuat PSMS dan namanya masuk ke dalam daftar pemain yang mengikuti TC timnas U-22 untuk SEA Games. Namun, pria yang sempat aktif sebagai pemain futsal itu belum berhasil memikat pelatih timnas U-22 kala itu, Indra Sjafri.

Pada Desember 2020, ketika timnas U-22 ditangani juru taktik asal Korea Selatan Shin Tae-yong, Natanael kembali dipanggil ke timnas U-22 yang kali ini untuk SEA Games 2021. Terkini, pesepak bola asal Sumut itu lagi-lagi masuk daftar pemain TC SEA Games 2021 pada 8-28 Februari 2021.

Adapun SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung pada November-Desember di Vietnam. Berdasarkan regulasi kompetisi serupa ada tahun 2019, setiap tim cabang olahraga sepak bola putra wajib diperkuat pemain berusia maksimal 22 tahun (U-22) dan sebanyak-banyaknya dua pemain senior yang berumur di atas 22 tahun. (Ant/R20/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com