Pelajar dari Kecamatan Simanindo Dominasi Lomba Catur KBM Foundation


259 view
Pelajar dari Kecamatan Simanindo Dominasi Lomba Catur KBM Foundation
SIB/Dok
CATUR SAMOSIR : Empat siswa pemenang Laga Catur Kita Berpikir Mulia (KBM) Fondation II/2018 , foto bersama Pendiri KBM Foundation Jahar Gultom dan panitia, juri serta para guru usai pertandingan di Samosir, Minggu (2/9).
Medan (SIB) -Pelajar dari Kecamatan Simanindo memborong gelar juara  Lomba Catur Pelajar yang dilaksanakan  KBM (Kita Berpikir Mulia) Foundation di Hotel Sopo Toba Samosir, Minggu (2/9).

Pendiri/Pengawas KBM Foundation, Jahar Gultom dalam rilisnya kepada SIB, Selasa (4/9) menjelaskan, peserta yang tampil sebagai juara I Aderay Sidauruk (siswa SMPN 4), Juara II Wilson Siregar (SMPN 3) dan Juara III  Mateus Sinaga (SMPN 2).  Sementara Juara IV Jelly Sihaloho dari SMPN 1 Kecamatan Onanrunggu. Para pemenang mendapat uang pembinaan masing-masing Rp 2 juta, Rp 1,5 juta, Rp 1 juta dan Rp 500 ribu.

Jahar Gultom bersyukur turnamen yang diselenggarakan untuk kedua kalinya  dan diikuti siswa dari Kecamatan Simanindo dan Onanrunggu Kabupaten Samosir ini berlangsung sukses.

"Semoga budaya catur dapat terus berkembang hingga Kabupaten Samosir bisa menjadi "ibu kota" catur di Indonesia," jelas Jahar Gultom yang mantan Konsul Jenderal RI di Kuchinh Sarawak Malaysia itu. 

Ketua Panpel Toga Gultom menambahkan, even itu diikuti 16 pelajar dan 10 guru pendamping dari 8 SMP di dua kecamatan tersebut.

Jahar Gultom lebih lanjut menyebutkan, tujuan dari Laga Catur tersebut adalah meningkatkan kemampuan SDM khususnya para pelajar SMP di Kabupaten Samosir."Ke depan even seperti  ini akan melibatkan lebih banyak perwakilan kecamatan lagi, bahkan kita akan  mengikutsertakan peserta umum," ujarnya.

Menurutnya lomba catur ini nantinya akan dikolaborasikan melibatkan para pengrajin craft di wilayah tersebut. Mereka nantinya dapat memajang dan menjual berbagai produk kerajinan yang berhubungan dengan catur," jelasnya.

Jahar menegaskan,  hal tersebut sesuai dengan visi misi KBM Foundation yang bergerak di bidang pendidikan, seni, budaya, lingkungan hidup dan olahraga.
Secara khusus, pihaknya berharap Pemkab Samosir dan Pemprovsu dapat bersama-sama mewujudkannya, hingga berdampak luas bagi pembangunan SDM dan kepariwisataan di kawasan Samosir khususnya.

Sementara itu, para guru dan pelajar yang mengikuti turnamen tersebut mengaku senang dan terimakasih. "Kami berharap turnamen seperti  ini digelar berkesinambungan," ujar Kasek SMPN Onangrunggu bermarga  Sirait. (rel/R15/d)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com