Kualifikasi Piala Dunia 2022

Spanyol Kontra Kosovo: Kesampingkan Konflik


299 view
Spanyol Kontra Kosovo: Kesampingkan Konflik
Foto: AP/Zurab Tsertsvadze
Spanyol vs Kosovo: dibumbui panasnya konflik Diplomatik

Sevilla (SIB)

Spanyol akan menjamu Kosovo pada matchday 3 Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Kamis (1/4). Pertandingan ini akan digelar di Estadio La Cartuja, Sevilla.

Spanyol dan Kosovo belum pernah bertemu sebelumnya. Ini akan menjadi pertemuan perdana mereka. La Furia Roja memang belum sepenuhnya meyakinkan, tapi mereka sangat difavoritkan menang.

Pada matchday pertama, Spanyol ditahan imbang Yunani 1-1 di Granada. Satu gol Spanyol dicetak oleh Alvaro Morata. Setelah itu, Spanyol bersusah payah menang 2-1 di kandang Georgia. Sempat tertinggal 0-1 di menit 44, tim asuhan Luis Enrique berbalik menang lewat gol-gol Ferran Torres menit 56 dan Dani Olmo menit 90+2.

Sementara itu, Kosovo baru memainkan satu pertandingan di grup yang dihuni lima tim ini. Pada matchday 2, menjamu Swedia yang diperkuat Zlatan Ibrahimovic, Kosovo dihajar 0-3. Kosovo juga kehilangan Bernard Berisha yang mendapatkan kartu kuning kedua di stoppage time.

Kosovo saat ini menempati peringkat 117 di ranking FIFA. Spanyol punya kualitas yang jauh di atas Samir Ujkani dan kawan-kawan. Akan sangat memalukan jika La Furia Roja sampai gagal menang.

Perkiraan Susunan Pemain

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Jordi Alba, Sergio Ramos, Eric Garcia, Pedro Porro; Koke, Rodri, Pedri; Dani Olmo, Alvaro Morata, Ferran Torres.

Kosovo (4-2-3-1): Samir Ujkani; Florent Hadergjonaj, Fidan Aliti; Ibrahim Dresevic, Mergim Vojvoda; Besar Halimi, Hekuran Kryeziu; Arber Zeneli, Bersant Celina, Milot Rashica; Vedat Muriqi.

- Konflik

Duel Spanyol kontra Kosovo bakal dibumbui panasnya konflik diplomatik dari kedua negara. Spanyol menjadi salah satu negara yang menolak deklarasi kemerdekaan Kosovo dari Serbia pada 2008. Kosovo sebelumnya adalah wilayah dari Serbia, tapi memilih memerdekaan diri usai konflik etnis Serbia dan Albania.

Sikap Spanyol ini dipicu oleh kekhawatiran mereka bahwa kemerdekaan Kosovo bisa menginspirasi kelompok separatis di Catalunya. Catalunya menjadi salah satu wilayah yang ingin memerdekakan diri dari Spanyol.

Sikap politik Spanyol terbawa hingga ke olahraga, termasuk untuk timnas Kosovo yang baru diakui FIFA pada 2016. Duel Spanyol vs Kosovo ini bahkan hampir batal digelar.

Hal ini akibat Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) menyebut Kosovo sebagai "territory" merujuk pada wilayah dan bukan negara saat mengumumkan lawan La Furia Roja di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Federasi Sepakbola Kosovo (FFK) yang geram dengan hal ini mengancam takkan datang ke Spanyol untuk bermain.

Kosovo akhirnya bersedia berangkat ke Sevilla usai mendapat jaminan dari UEFA dan FIFA bahwa kedaulatan mereka sebagai negara bakal dihargai di laga tersebut. Bendera dan lagu kebangsaan Kosovo dipastikan bakal berkibar dan berkumandang. "Kami telah menerima jaminan dari UEFA dan FIFA bahwa aturan (terkait pertandingan internasional) akan dihormati," ujar sekertaris FFK, Eroll Salihu dikutip dari AFP.

Jadwal pertandingan 1 April pukul 01.45 WIB:

Jerman Vs Makedonia Utara

Andorra Vs Hungaria

Ukraina Vs Kazakhastan

Irlandia Utara Vs Bulgaria

Skotlandia Vs Kepulauan Faroe

Bosnia Herzegovina Vs Prancis

Yunani Vs Georgia

Spanyol Vs Kosovo

Leichtenstein Vs Islandia

Inggris Vs Polandia

San Marino Vs Albania

Lithuania Vs Italia. (Detiksport/Bola/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com