Timnas U-16 Akan ke Uni Emirat Arab, Jalani Dua Laga Uji Coba


106 view
Foto: dok.PSSI
Salah satu sesi latihan Timnas U-16 ketika disambangi Ketum PSSI Mochamad Iriawan.
Jakarta (SIB)
Timnas Indonesia U-16 berencana melakoni dua laga uji coba dalam lawatan ke Uni Emirat Arab pada 21-24 Oktober mendatang, sebagai persiapan lanjutan menuju Piala Asia U-16.

Usai merampungkan pemusatan latihan di Cikarang beberapa waktu lalu, skuad Bima Sakti diagendakan menjalani serangkaian latih tanding dengan skuad luar negeri. Lawatan ke Uni Emirat Arab menjadi perwujudan rencana itu.

Bima Sakti, pelatih Timnas U-16, bersyukur timnya bisa mendapat kesempatan tersebut di tengah kondisi pandemi. "Alhamdulillah kami terima kasih kepada Bapak Ketua Umum PSSI Bapak Mochamad Iriawan karena kami bisa melakukan uji coba ke luar negeri. Insya Allah kami akan berangkat ke Uni Emirat Arab," kata Bima dalam laman resmi PSSI.

"Bersyukur juga kami mendapatkan (kesempatan) dua kali (uji coba) di sana. Saya pikir ini baik buat para pemain untuk dapat mengembangkan permainan," ujarnya.

Selain itu, Bima juga menilai laga uji coba buat Timnas Indonesia U-16 ini sebagai salah satu persiapan penting bagi Marcell Januar Putra dkk. menuju Piala Asia U-16 tahun depan.

Timnas U-16 berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China. Empat tim semi final Piala AFC U-16 2020 akan lolos ke Piala Dunia U-17 2021 mendatang di Peru. "Para pemain akan mendapat jam terbang karena mereka akan menghadapi tim yang saya yakin levelnya bagus. Ini juga menjadi tolak ukur kami nanti ke depan," dia menjelaskan.

"Cara bermain dan kualitas Uni Emirat Arab seperti Arab Saudi, yang akan menjadi lawan kami di Piala Asia."

Para pemain Timnas Indonesia U-16 rencananya bertolak ke UEA pada Senin (19/10) setelah lebih dulu dikumpulkan. Para pemain dan ofisial Timnas U-16 juga akan menjalani swab test sebagai bagian dari protokol kesehatan yang harus dilaksanakan sebelum meninggalkan Tanah Air.

Setelah melakoni dua laga uji coba pada 21 dan 24 Oktober, Timnas U-16 akan kembali ke Indonesia pada tanggal 25 Oktober 2020 dan kemudian diagendakan untuk melanjutkan pemusatan latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang hingga 8 November 2020.
Kata Ketum PSSI Soal Uji Coba

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bicara soal Timnas Indonesia U-16 yang akan menjalani uji coba. Tim asuhan Bima Sakti juga disebut mempunyai potensi.

Setelah melalui rangkaian pemusatan latihan baik virtual maupun secara langsung, Timnas U-16 akhirnya mendapat kesempatan beruji coba di luar negeri.

Aktivitas ini menjadi laga uji coba internasional pertama mereka sepanjang 2020. Sebelumnya, Bima sempat mengutarakan keinginannya agar Timnas U-16 melakukan uji coba melawan Yordania dan Korea Selatan. Dua negara itu dipilih karena ada kemiripan karakter permainannya. Tapi urung terealisasi.

Bima lantas menyerahkan pengumuman uji coba Timnas U-16 kepada PSSI karena khawatir tidak jadi seperti sebelumnya.
Kekinian, PSSI mengumumkan Marcell Januar Putra dkk. akan melawat tim Uni Emirat Arab pada 21 dan 24 Oktober. Mereka direncanakan bertolak pada awal pekan depan.

Iriawan menyambut baik dan mendukung penuh rencana uji coba internasional tersebut. "Saya yakin ini kesempatan yang bagus bagi tim untuk memetik pengalaman dari laga uji coba (sebelum turun di Piala Asia U-16)," kata pria yang karib disapa Ibul ini, dalam laman PSSI.

Ia sekaligus menegaskan, meskipun Piala Asia U-16 ditunda hingga tahun depan tak akan mempengaruhi program tim. "Persiapan tim tidak akan berhenti, termasuk melakoni laga uji coba dengan tim di luar negeri. Saya yakin Timnas U-16 punya potensi dan materi mumpuni," ujarnya. (detikSport/d)
Penulis
: Redaksi