Cina Punya Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia


330 view
Foto: Dezeen
Jembatan kaca di atas Sungai Lianjiang dengan pemandangan Tiga Ngarai Huangchuan. Jembatan ini dibuat oleh Institut Penelitian dan Desain Arsitektur Universitas Zhejiang, dan memecahkan rekor dunia sebagai jembatan kaca terpanjang. 
Cina memiliki jembatan kaca terpanjang di dunia. Tahun ini, jembatan kaca itu dibuka untuk kunjungan umum pada September. Keberadaan jembatan kaca itu boleh dibilang hanya akan diminati pengunjung tertentu saja yang tidak fobia ketinggian.

Menurut laporan Travel and Leisure, jembatan itu terbentang melewati Sungai Lianjiang di area pemandangan Tiga Ngarai Huangchuan. Institut Penelitian dan Desain Arsitektur Universitas Zhejiang yang merancang objek wisata itu.

Panjang jembatan 526 meter. Jembatan menggantung ketinggian sekitar 201 meter di atas sungai. Bagian bawah kaca terdiri atas tiga lapisan kaca laminasi. Lapisan itu dirancang tembus pandang untuk sensasi wisatawan. Pengunjung seperti melayang ketika berjalan di jembatan itu, karena lintasan yang tembus pandang.

Beberapa bagian jembatan dibuat agak lebar, yakni delapan meter. Pelancong bisa sejenak berhenti untuk berfoto saat mereka melewati jalan kaca.

Mengutip Dezeen, dek pada jembatan itu merupakan lapisan kaca dengan kilau seperti kristal, transparansi tinggi dan indeks bias.

Kapasitas jembatan itu, mampu sekaligus menampung 500 pengunjung. Pagar pembatas terbuat dari baja tahan karat. Menara dan kabel jembatan dibuat berwarna merah yang mencolok di antara ngarai berpemandangan hijau.

Jembatan itu rampung dibangun pada 2020. Guinness World Records mengakui itu sebagai jembatan kaca paling panjang di dunia. Tapi kemungkinan gelar itu tak akan bertahan lama. Sebab, ada lebih 2.300 jembatan kaca di Cina. Beragam proyek baru akan terus memperebutkan gelar terbesar dan terpanjang

Jembatan kaca Zhangjiajie Grand Canyon pernah menyandang gelar terpanjang di dunia, pada 2016. Panjang jembatan itu 430 meter.

Ada pula jembatan gantung Hongyagu yang pernah mendapat gelar terpanjang dan paling menakutkan, pada 2017. Rancangan jembatan itu sengaja dibuat berayun ketika orang melewatinya. Kesan itu menambah sensasi rasa takut di jembatan sepanjang 487 meter. (T/d)